NEWS

Cuaca Tak Menentu HNSI Bangka Himbau Nelayan Waspada

Lensa Bangkabelitung.com, Sungailiat – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) cabang Kabupaten Bangka Ridwan  menghimbau kepada seluruh nelayan di wilayah itu untuk mewaspadai gelombang pasang di perairan penangkapan.

“Saya ingatkan nelayan yang memaksa melaut, hendaknya mewaspadai gelombang pasang di peraiaran penangkapan, gelombang dengan ketinggian diperkirakan mencapai satu meter lebih sudah terjadi beberapa hari ini,” kata Ridwan Rabu (2/1/2019) di Sungailiat.

Menurut Ridwan saat ini cuaca tidak menentu, gelombang pasang disertai kecepatan angin kencang, terjadi hampir diseluruh perairan laut Indonesia, baik di jalur angkutan kapal maupun perairan penangkapan nelayan.

Dikatakan Ridwan, umumnya nelayan di Bangka menggunakan kapal penangkapan tradisional dengan bobot rata-rata dibawah 10 gross ton dengan kemampuan jangkauan penangkapan diatas 30 mil dari pinggir pantai.

“Saya ingatkan nelayan yang melaut agar menunda dulu mencari ikan di peraiaran yang jauh dari jangkauan pantai dan berdekatan dengan nelayan lainnya,” katanya.

Dikatakan Ridwan hal penting yang harus dilengkapi nelayan saat melaut adalah kelengkapan peralatan pengaman seperti, jaket pelampung, alat pemadam api ringan (Apar) dan alat pengaman lainnya yang dianggap dibutuhkan.

“Kemarin saya masih melihat gelombang air laut di pesisir pantai masih cukup tinggi,” katanya.

Dia menyarankan agar nelayan segera menghubungi petugas di pos penjagaan jika terjadi sesuatu hal di laut agar segera mendapat pertolongan.

Pihaknya tetap akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk memantau kondisi perairan.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button