NEWS

Komisi III DPRD Bangka Bersama PPN Tinjau Pengerukan Alur Jelitik

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Anggota DPRD Bangka Komisi III bersama dengan pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat meninjau pengerukan alur muara oleh PT Pulomas di Dermaga Pelabuhan Jelitik Sungailiat, Senin (3/12/2018). 

Ketua Komisi III DPRD Bangka Hendra Yunus mengatakan peninjauan tersebut dilakukan untuk menyikapi persoalan sedimentasi yang terjadi di alur muara Pelabuhan Jelitik.

“Kami bersinergi dengan PPN dan kami meminta cepat terus bersinergi dengan PT Pulomas sambil menunggu anggaran dari pusat,” kata Hendra disela-sela tinjauan.

Lewat peninjauan tersebut, dia berharap PPN dapat mendorong pemerintah pusat untuk dapat menggelontorkan dananya ke daerah ini untuk membantu melakukan pengerukan alur muara di Pelabuhan Jelitik, Sungailiat.

“Tapi sampai saat ini dana yang dimaksud belum juga didapat karena dari pihak PPN mengatakan saat ini ada fokus dari pemerintah pusat melakukan pembangunan ke daerah daerah pinggiran,”katanya.

Sambil menunggu anggaran dari pusat turun, Hendra juga berharap kepada PPN untuk terus bersinergi dengan pihak PT Pulomas yang melakukan pengerukan alur muara di Pelabuhan Jelitik itu. 

“Sehingga pendangkalan dan penyempitan dapat teratasi dan perahu nelayan dapat keluar masuk disana sehingga aktifitas perikanan dapat berjalan maksimal,”harapnya.

Untuk permasalahan pendangkalan alur muara yang kerap dikeluhkan para nelayan ini, sebagai dewan, dia berharap ada jalan keluarnya sehingga kedepan pendangkalan ini tidak dikeluhkan lagi oleh nelayan setempat.

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Tri Aris Wibowo mengaku akan lebih intensif lagi dalam melakukan pengerukan alur muara bersama PT Pulomas dengan harapan alur muara tidak mengalami pendangkalan kembali.

“Mudah mudahan seperti tahun 2016 dan 2017 tidak ada lagi pendangkalan,” harapnya.

Pengerukan alur muara oleh PT Pulomas, kata dia, pihaknya sangat terbantu terkait pengerukan itu mengingat anggaran yang dimiliki PPN sangat terbatas untuk melakukan normalisasi alur muara.

“Kami sangat terbantu dengan pengerukan, pelebaran oleh PT Pulomas dan dari sisi itu kami sangat terbantu,” jelasnya. 

Kepala Unit Cabang PT Pulomas, Yanto mengaku pihaknya terus melakukan normalisasi pengerukan alur muara di alur dermaga Pelabuhan Jelitik Sungailiat. 

Bahkan katanya untuk saat ini kondisi alur muara Dermaga Jelitik dalam kondisi aman.

“Untuk saat ini aman aman saja dan sampai saat ini kondisinya lancar, bahkan sudah satu tahun lebih dan mau masuk dua tahun,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam hal pengerukan alur muara, pihaknya tidak mengalami kendala apapun di lapangan.

“Sampai saat ini belum dan kita terus memaksimalkan pekerjaan yang ada dengan penambahan armada dan segala macem. Tetapi untuk melakukan penambahan armada segala macem, tidak semudah membalikkan telapak tangan.” terangnya.

Soal pengerukan yang dilakukan PT Pulomas hingga kedepan alur muara dikatakan Yanto pekerjaan tersebut sudah sesuai SOP dan teknis yang ada.

“Pengerukan itu memang sampai kedepan. Kita ada teknisnya sampai 1 mil kedepan,” jelasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button