NEWS

Jualan di Trotoar, Pedagang Buah di Air Anyut Ditertibkan Pol PP

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka menertibkan lima pedagang buah yang berdagang di trotoar Jalan Air Anyut Sungailiat, Senin (10/12/2018).

“Silakan berdagang tetapi jangan gunakan trotoar. Trotoar untuk pengguna jalan kaki. Posisinya di Jembatan Air hanyut ini ada simpang jalan. Jadi sangat rawan kecelakaan,” ungkap Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman.

Selain itu menurutnya, jalan di daerah itu agak sempit sehingga dengan adanya para pedagang yang berjualan di trotoar semakin sempit.

Dia mengakui, perkembangan perdagangan di lingkungan Air Anyut maju pesat, namun jangan sampai kondisi tersebut dimanfaatkan para pedagang dengan berdagang di trotoar. 

“Tolong jaga juga keselamatan dan keindahan serta kebersihan daerah kita. Apalagi kita ini kota Adipura. Harapan kami kesadaran pedagang itu sendiri saling menjaga ketertiban umum. Daerah situkan merupakan akses jalan ke tempat wisata,” imbau Suherman.

Dalam penertiban tersebut pihaknya, kata dia, masih memberikan teguran secara lisan untuk memperingati para pedagang agar segera memindahkan dan merapikan dagangannya sehingga tidak terkesan kumuh.

“Bagi para pedagang jika tetap melanggar dapat dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum. Ancaman hukumannya kurungan tiga bulan atau denda sebesar Rp 5 juta,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button