NEWS

HPINS Siap Bantu Nelayan dan Pengusaha Ikan

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Himpunan Pengusaha Ikan dan Nelayan Sungailiat (HPINS) Kabupaten Bangka mendorong nelayan untuk memaksimalkan sumber daya kelautan melalui pengelolaan hasil perikanan tangkap.

Ketua HPINS Kabupaten Bangka, Muhammad Ali mengatakan tata penangkapan nelayan yang mengunakan fasilitas kapal, penangkapan rata-rata dibawah 10 gross ton dan dianggap sudah sesuai dengan ketentuan.

Sedangkan untuk distribusi penjualan hasil tangkapan, lanjut dia, sebagian besar hanya sampai tingkat pedagang pengumpul sehingga berdampak pada fluktuasi harga yang tidak stabil.

“Bagi pedagang pengumpul, distribusi penjualannya sampai di tingkat pedagang pengecer atau pengelolahan hasil ikan tingkat rumah tangga padahal ikan bisa masuk ke perusahaan ekspor,” ujar Ali kepada wartawan di Sungailiat, Selasa (11/12/2018).

Menurut Ali, bagi pedagang pengumpul di musim tertentu, mengalami kendala distribusi penjualan pada saat hasil tangkapan ikan oleh nelayan menagalami volume tinggi.

Ditambahkan Ali, distribusi penjualan ikan hasil tangkapan nelayan dapat stabil termasuk nilai harga penjualan, jika ada perusahaan pengelolahan hasil perikanan di Bangka Belitung yang bersedia menampung semua jenis ikan.

“Contohnya, perusahaan kemasan ikan kaleng atau perusahaan pengelolaan ikan lainnya tidak ada di daerah kita ini, sedangkan sumber bahan baku cukup banyak, kecuali usaha industri rumah tangga yang memiliki keterbatasan daya tampung menerima ikan hasil tangkapan,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button