NEWS

Hindari Luapan Air,  Dinas PU Bangka Buat Siring Jalan

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Bangka menyiapkan sarana penahan air untuk mencegah terjadinya luapan pada saluran air di kawasan Bukit Betung Sungailiat. 

“Kita ada program terkait hal ini bagaimana menyiapkan sarana untuk menahan air dari atas sehingga aliran air tidak mengalir secara langsung namun dapat difilter. Jadi air mengalir kebawah tidak langsung dengan volume yang besar,” kata Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPRP Kabupaten Bangka Aristian di ruang kerjanya, Senin (10/12/2018).

Aristian menambahkan bahwa kedepan pihaknya juga akan melakukan penggalian pada hilir saluran air yakni di kawasan Jelitik yang telah terjadi sedimentasi sehingga dapat menampung air lebih maksimal.

“Kita juga akan melakukan penggalian pada hilirnya di kawasan Jelitik sehingga daya tampung air akan lebih maksimal sehingga tidak terjadi lagi luapan dari saluran air,”ungkapnya.

Saat ditanya penyebab terjadinya genangan air di kawasan Kantor Bupati Bangka pada Sabtu (8/12/2018) lalu, dia menuturkan bahwa telah terjadinya sedimentasi pada daerah hilir di Jelitik dan air yang masuk dari kawasan Bukit Betung mengalir deras sehingga mengakibatkan air keluar dari saluran.

Aris berharap kedepan luapan air dapat dicegah dengan dilakukannya penggalian pada daerah hilir dan memasang sarana penahan air pada hulu saluran air.

“Tentu harapan kita melalui penggalian pada daerah hilir dan memasang
sarana penahan air pada hulu saluran air dapat mencegah luapan air dikemudian hari,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close