LENSA NASIONALNEWS

Gubernur Erzaldi Terima Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Peduli Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan

Lensabangkabelitung.com, Bandung – Lagi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diganjar sebuah penghargaan oleh Pemerintah Pusat, yaitu Sebagai Kepala Daerah Peduli Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI).
Penyerahan Penghargaan oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang, mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang dilaksanakan bertepatan Hari Perkebunan ke 61 tahun 2018, di Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat, Senin (10/12/2018).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Erzaldi di dampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel, merangkap Plt Kepala Dinas Pertanian Babel, Yulizar Adnan, Ketua Dewan Rempah Babel, Bayodandari, Ketua Penakar Bibit, serta rombongan lainnya.
Selain Gubernur Babel Erzaldi Rosman, pada kesempatan sama juga diberikan penghargaan serupa kepada empat Gubernur lainnya, yakni Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jambi, Gubernur Sumsel, dan Gubernur Papua Barat.
Di kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan MoU Dirjenbun – badan Restorasi Gambut, Dirjenbun – komite Akreditasi, Dirjenbun – Gubernur, dan di lanjutkan penyerahan beni kopi kepada kelompok tani.
Di ahir kegiatan dilaksanakan talk show mengusung tema “Sinergi dan Aklerasi Perkebunan” dengan narasumber Dirjen perkebunan, Prof Bungaran saragih, Gubernur Jabar, KPK Sulistyanto, Universitas Pejajaran.
Gubernur Erzaldi usai menerima Penghargaan mengatakan, penghargaan ini tentu suatu prestasi. “Namun, kita jangan berpuas diri, karena sudah menerima penghargaan ini, sekalipun ini merupakan indikator keberhasilan program di sektor pertanian khususnya. Justeru penghargaan ini, harus membuat kita lebih terpacu lagi, dan membuat kita untuk mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang belum berhasil,” ujar Gubernur.
Ditambahkan Gubernur Erzaldi, kebijakan-kebijakan yang sudah dilakukan, oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, menilai konsistensi Pemda dalam hal ini Pemerintah Provinsi terus melanjutkan kebijakan tersebut.
“Keberhasilan tentunya tidak semudah kita membalik telapak tangan, butuh waktu, butuh tindak lanjut, dan butuh dukungan dari petani dan masyarakat,” pungkasnya.
Khususnya berkenaan dengan lada, sawit, karet, kata Gubernur Erzaldi, ini menjadi tantangan tidak saja bagi masyarakat Babel, tapi tantangan bagi Indonesia dan dunia.
“Untuk itu, saya selalu menyampaikan kepada para petani, mari bersama-sama bersemangat terus untuk membuat usaha kita ini menjadi berhasil. Kalau kita banyak mengeluh, maka kita tidak punya semangat untuk bekerja,” ungkap Erzaldi.
Kedepan, masih dikatakan Erzaldi, akan terus dikembangkan bantuan kepada petani, dalam hal bantuan bibit lada.
“Insya Allah sedang kita susun juga bagaimana pupuk kita bantu juga, sehingga cost petani semakin berkurang dan efisien. Khusus untuk sawit, tim kita tetap turun mensosialisasikan sistem bagaimana agar pabrik-pabrik membeli sesuai dengan SK Gubernur. Sejauh ini pabrik-pabrik sudah menurut mengikuti SK Gubernur, tetapi berdasarkan mutu dan standar buah,” kata Gubernur Erzaldi.

Sumber : Humas Prov

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close