NEWS

Dinsospemdes Bangka Peringati Hari Disabilitas Internasional

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) menggelar kampanye sosial yang dikemas dalam Pertemuan Hak Penyandang Disabilitas, Senin (3/12/2018).

Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengatakan, setiap manusia di dunia memang lahir dengan membawa hak mutlak yang biasa disebut Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk juga masyarakat penyandang disabilitas.

”HAM sendiri harus didapat dan dirasakan semua manusia dalam kondisi apapun dan dimanapun mereka berada,” kata Syahbudin dalam sambutannya.

Dia menambahkan, kesadaran setiap masyarakat tentang penyandang disabilitas juga dengan memberikan rasa kepedulian terhadap sesama juga sangat penting.

Hal ini sebagaimana negara juga menjamin kesejahteraan seluruh warga negara yang telah diatur di dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

”Kita sangat memerlukan semangat bersama dalam kebersamaan yang kuat. Hal itu juga sangat penting dalam merangkul sesama manusia, termasuk para penyandang disabilitas,” jelasnya.

Para penyandang disabilitas, tambah dia, juga wajib memperoleh hak-hak dasar masyarakat, termasuk dalam hal pekerjaan, agar penyandang disabilitas mendapat kesejahteraan sosial yang layak dan selain itu turut perlu mendapatkan persamaan, perlakuan dan pelayanan hidup seperti masyarakat umumnya.

“UUD mengatur dan menjamin kebutuhan hak dasar seluruh masyarakat, termasuk dalam memperoleh pekerjaan. Mereka juga perlu kesempatan luas untuk berkembang dan mengaktualisasi diri dalam kehidupan, salah satunya dalam dunia pekerjaan,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinsospemdes Kabupaten Bangka, Arman Agus menyampaikan kampanye sosial yang digelar merupakan gambaran mengenai kepedulian sesama manusia.

Dalam kegiatan tersebut, tambah Arman, juga diisi dengan pemberian bantuan secara langsung kepada masyarakat penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bangka, seperti bantuan kursi roda serta kaki palsu.

”Alhamdulillah, ada 70 unit kursi roda yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, kemudian ada 10 unit kaki palsu dan alat bantu dengar. Semoga semua ini dapat berguna bagi mereka. Mari kita motivasi mereka dan tunjukan bahwa kita juga peduli sesama manusia,” tutupnya.

Peulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button