NEWS

Bupati Bangka Resmikan Ipal Komunal Desa Labu

Lensabangkabelitung.com, PUDINGBESAR – Bupati Bangka Mulkan meresmikan dan melakukan serah terima Ipal Komunal Perpipaan KSM Sinar Kenaka Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Senin (3/12/2018).

Program Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) tahun 2018 merupakan penyediaan prasarana air limbah bagi masyarakat.

Dengan konsep pemberdayaan masyarakat menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Dalam sambutannya Mulkan mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembuatan Ipal Komunal di Desa Labu.

“Ipal Komunal sangat penting terutama bagi masyarakat yang berada dikawasan padat penduduk dan jika tidak ada Ipal Komunal di kawasan padat ini akan menimbulkan dan rentan terjadinya permasalahan atau perselisihan antarmasyarakat dan tentunya hal ini tidak kita inginkan,” kata Mulkan.

Dalam proses pembangunan Ipal Komunal maupun sarana prasarana pedesaan lainnya, lanjut dia, harus mempertimbangkan berbagai hal terutama lokasi pembangunan. Sehingga dalam pembangunan tidak terjadi permasalahn dengan pentingan masyarakat banyak.

“Tempat pembangunan harus diutamakan agar tidak berbenturan dengan masyarakat. Jangan sampai prorgram pemerintah pusat yang sudah terprogram dengan matang batal ataupun terjadi gejolak ditengah masyarakat kita.Jadi harus komunikasi terlebih dahulu dengan masyarakat. Kedepankan partisipasi publik , jangan semata-mata keingin kepala desa ataupun perangkat desa lainya,” tegasnya.

Mantan anggota DPRD Bangka ini menambahkan, dengan adanya pembangunan Ipal Komunalsanitasi di kawasan pemukinan masyarakat Desa Labu akan baik sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami berharap dengan telah dibangunnya Ipal Komunal ini, kepada seluruh masyarakat Desa Labu agar dapat menjaganya secara bersama-sama. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama, mari kita jaga dan rawat bersama,” katanya.

Penulis : vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button