NEWS

525 Peserta Ikuti Sungailiat Trail Run 2018

Lensabangkabelitung.com SUNGAILIAT – Sebanyak 525 peserta mengikuti Sungailiat Trail Run 2018 yang dilaksanakan di Kawasan Pantai Tikus Emas Sungailiat, Minggu (2/12/2018). Peserta yang ikut untuk 10 K sebanyak 416 peserta, 21 K sebanyak 95 peserta dan 41 K sebanyak 14 peserta. Adapun rute yang ditempuh para peserta dari Pantai Tikus Emas, Puri Tri Agung, Pagoda Nusantara, Desa Rebo, pantai Mangkalok, Pantai Takari, kemudian menuju garis finish ke Kawasan Pantai Tikus Emas Sungailiat.

Bupati Bangka Mulkan dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Sungailiat Trail Run 2018 di Kabupaten Bangka, sangat diminati para peserta. Hal tersebut terlihat sebanyak ratusan peserta mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan Sungailiat Trail Run 2018 yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Bangka, pesertanya selain berasal dari luar Bangka Belitung, juga ada peserta dari beberapa negara asing.

“Sungailiat Trail Run yang pertama ini, terlihat dari antusias peserta yang mengikuti mencapai ratusan peserta, tentunya pada Sungailiat Trail Run tahun depan, peserta akan semakin banyak nantinya,” ujarnya. 

Nantinya, dikatakan Mulkan kedepan diusulkan ke pihak panitia agar rute selain melintas kawasan obyek wisata juga akan melintas seputaran Kota Sungailiat, sehingga masyarakat Kabupaten Bangka juga mengetahui sedang berlangsung, yakni event Sungailiat Trail Run.

Pelaksanaan Sungailiat Trail Run, Sungailiat Triathlon dan Wonderful Sail Indonesia yang digelar di Kabupaten Bangka, kata dia, merupakan bagian dari kegiatan promosi pariwisata.

“Semakin gencar kita melakukan promosi wisata, dengan berbagai kegiatan melibatkan wisatawan dari luar Bangka, maka daerah kita akan semakin dikenal sehingga diharapkan nantinya banyak wisatawan berkunjung ke daerah kita.”harap Mulkan.

Sementara itu, Ketua Kadin Babel Thomas Yusman mengatakan Sungailiat Trail Run 2018 merupakan gabungan kegiatan pariwisata dan olah raga, guna mempromosikan kawasan wisata di Bangka Belitung. “Ini merupakan gabungan kegiatan berwisata dengan berolah raga, karena event sport tourism seperti ini sangat diperlukan untuk mempromosikan pariwisata Babel, lebih khusus lagi kawasan di Lintas Timur Pantai Sungailiat,”harapnya. 

Dia menambahkan kawasan di Lintas Timur Pantai Sungailiat, merupakan kawasan pantai pesisir yang panjang dan punya keindahan alam yang luar biasa, yang perlu dipromosikan dan sudah menjadi perintis kawasan wisata sejak dulu.

“Kita dulu hanya kenal Pantai Rebo, Tanjung Pesona, Teluk Uber, Rambak, hingga Pantai Batu Bedaun, Parai Tenggiri yang sangat bagus, yang sudah dulu terkenal dari Tanjung Kelayang, cuma disayangkan masyarakat Bangka tidak menyadari potensi yang luar biasa itu, dan cenderung ke usaha dibidang lainya. Kita lihat di Sumatera Selatan, disana tidak ada pantai yang bagus, tetapi hari ini mereka bisa maju dengan sport tourism, setelah PON mereka bangun berbagai sarana olah raga, kemudian tempat pelaksanaan Sea Games dan Asean Games, sampai sekarang daerah tersebut dilibatkan setiap kegiatan tingkat nasional dan internasional,” jelas Owner Pesona Bay Resort Sungailiat ini.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button