NEWS

Syahbudin Rayakan Maulid Nabi di Tanjung Ratu

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Wakil Bupati Bangka Syahbudin menghadiri perayaan Maulid Nabi Mihammad SAW di Masjid Al Barkah, Dusun Tanjung Ratu, Kecamatan Sungailiat, Selasa (20/11/2018). Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah menjadi tradisi tahunan bagi warga Dusun Tanjung Ratu. Sejak pagi, warga sudah datang membawa dulang berisikan berbagai makanan dalam adat “nganggung”.

Syahbudin dalam sambutannya mengajak jemaah yang hadir untuk meneladani Rasullullah. Peringatan Maulid Nabi, hendaknya tidak sekedar kegiatan upacara yang bersifat lahiriah saja, tetapi agar benar-benar merupakan kesempatan yang baik untuk merenungkan kembali dan meresapi secara mendalam arti dan makna dari lahirnya seorang Nabi dan Rasul terakhir yang membawa petunjuk dari Allah Yang Maha Agung  yang memberikan suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

“Ada beberapa hal yang perlu kita renungkan bersama dalam rangka memetik suri tauladan yang telah dicontohkan dalam peri hidup dan kehidupan Nabi Muhammad SAW. Dalam kehidupan berbangsa sebagai bangsa yang kini tengah membangun untuk menciptakan suatu hari depan yang lebih baik, banyak suri tauladan yang kita petik dari perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW,” terang  Syahbudin.

Menurutnya, tauladan Rasulullah itu baik sejak masih muda maupun setelah diangkat sebagai nabi, yaitu antara lain tauladan tentang gaya hidup sehari-hari. Kebahagiaan dan kenikmatan hidup yang dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW, bukanlah terletak pada kemegahan hidup lahiriah, melainkan kebahagiaan dan kenikmatan yang ditemukan dalam kesederhanaan. 

“Tuntutan hidup sederhana yang didukung oleh kepribadian yang teguh, budi pekerti yang luhur serta tingkah laku yang penuh kasih sayang dan lemah lembut merupakan cerminan tingkah laku kesopanan dan kesederhanaan hidup,”katanya.

Sementara itu Ketua DMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rasyid Ridho juga mengajak jemaah untuk meneladani Rasullullah dan selalu mengingatkannya dengan bershalawat.

Ia juga mengajak para pengurus masjid dan marbot masjid untuk membuat masjid ramah anak, sehingga anak – anak dapat betah berada di masjid serta selalu memakmurkan masjid. Selain ramah untuk anak, masjid juga ramah bagi lansia serta bagi penyandang disabilitas.

Rasyid mencontohkan masih ada masjid yang memiliki belasan tangga yang tidak hanya sulit dimasuki kaum disabilitas namun juga para lansia.

“Saya mengharapkan para jemaah untuk selalu makmurkan masjid, untuk itu DMI akan terus menularkan bagaimana menjalani manajemen masjid di masjid – masjid yang berada di Bangka Belitung,” katanya.

Kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tanjung Ratu juga dilaksanakan ceramah tentang hikmah Maulid Nabi oleh Ustaz Kasyif Her.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button