NEWS

Satpol PP Bangka Gerebek Pabrik Arak Dekat Sekolah

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Tim Satuan Pamong praja (Satpol PP) Kabupaten  Bangka menggerebek pabrik minuman keras jenis arak di Dusun Tanjung Ratu, Kecamatan Merawang, Rabu (28/11/2018). Dari penggerebekan, turut diamankan 160 liter arak siap jual.

Kabid Penegak Perundang-undangan Satpol PP Bangka Achmad Suherman mengatakan penggerebekan dilakukan setelah adanya laporan dari LSM LAKI yang langsung ditindaklanjuti. 

“Jadi jam 09.00 tadi pagi satu regu tim turun kelapangan dan betul menemukan bahwa ada pabrik arak jaraknya hanya 100 meter dari sekolah SDN 11 Tanjung Ratu, langsung kami sita dan penghentian, “ungkap Herman. 

Herman menjelaskan, menurut informasi yang didapat pemilik pabrik arak tersebut bernama A Khok dari Pangkalpinang dan baru beroperasi selama dua bulan.

“Pas digerebek ada dua orang pekerja asal dari Pangkalpinang juga. Barang bukti langsung kami sita, ada 160 liter arak yang siap edar,” katanya.

Pabrik tersebut, lanjutnya, tergolong besar karena memiliki delapan tungku untuk pembuatan arak. 

Sesuai dengan Perda Nomor 10 tahun 2013, tegasnya, dilarang menjual alkohol tanpa izin. “Kalo arak tradisional boleh, tapi bukan untuk dijual, bukan untuk diproduksi secara besar besaran,” jelas Herman. 

Herman menambahkan, dari informasi yang juga pihaknya dapat dari lapangan bahwa arak tersebut dibawa ke Pangkalpinang untuk dijual. 

“Ini (arak-red) efeknya banyak, takutnya yang belinya anak-anak, pemuda-pemuda yang di pinggir jalan, sekarang minuman beralkohol mahal bisa ratuaan rasa ribu, sedangkan arak murah seplastik hanya dijual 10 ribu, yang bisa dicampur dengan minuman energi,” katanya.

Sedangkan untuk sanksi bagi pemilik pabrik, tambah Herman, sesuai Perda, sanksinya cukup berat yakni denda atau kurungan. Untuk denda maksimum 5 juta atau kurungan 3 bulan. 

“Kami minta mereka proaktif lah untuk datang kesini (Satpol PP). Karena setelah ini kami akan kembali mengecek ke lapangan jika masih belum kooperatif maka akan dilakukan penyegelan,” katanya.

Penulis: Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button