NEWS

Peserta CPNS Bangka Berguguran, Baru 46 yang Lulus Passing Grade

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bangka, Surtam A. Amin mengatakan berdasarkan hasil tes CPNS dari 1.155 orang peserta yang sudah mengikuti tes dari Senin (5/11/2018) hingga Rabu (7/11/2018) kemarin, hanya 46 orang peserta yang lulus passing grade.

“Banyak yang tidak lulus, tapi kita tidak tau faktornya apa, yang jelas selama tiga hari, baru lulus 46 peserta yang memenuhi passing grade,”jelas Surtam kepada wartawan, Kamis (8/11/2018) di SMKN 1 Sungailiat. 

Menurut dia, banyak peserta yang tidak lulus di Tes Karakter Pribadi (TKP). “Saya memang belum melakukan analisis mendalam tetapi sekilas yang paling banyak peserta tidak lulus di tes karakteristik pribadi,”jelas Surtam. 

Untuk passing grade sendiri, menurutnya, berbeda dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), karena standar nilai kelulusan passing grade, apabila para peserta mencapai nilai-nilai yang sudah ditetapkan.

”Jadi ini baru lulus passing grade. Kalau mereka sudah mencapai nilai nilai yang telah ditetapkan, seperti TWK (75), TIU (80), TKP (143),itu sudah lulus passing grade,”terang Surtam.

Sedangkan untuk kelulusan SKD, lanjutnya akan diambil tiga peserta dengan nilai terbaik dari hasil passing grade yang dinyatakan lulus SKD. 

”Misalnya, Puskesmas Sungailiat untuk formasi dokter 1 yang melamar 7 orang, yang memenuhi passing grade 5 orang,maka yang lulus SKD tetap 3 orang, 3 kali formasi, jadi 1 sampai 3 yang tertinggi itulah yang lulus SKD,”tegasnya.

Surtam berharap dengan sisa waktu dua hari ada penambahan peserta yang lulus passing grade yang signifikan. 

“Kami mengharapkan lulus passing grade sebanyak 750 orang, karena formasi kita 250. Kami berharap potensi untuk memenuhi itu masih ada, karena masih ada 840 orang yang akan ikut tes. Kalo mereka yang tes dua hari ini mempunyai kemampuan menjawab soal dengan baik In Shaa Allah terpenuhi. Tapi kalau tidak sama seperti yang kemarin,”harap Surtam.  

Dia menambahkan sejak hari pertama tes CPNS sampai dengan Kamis pagi pelaksanaan tes berjalan lancar.

Menurutnya, tidak terdapat banyak kendala selama perjalanan tes CPNS tersebut. Hanya saja pada Selasa kemarin, sempat terjadi kendala teknis, yaitu padam listrik.

”Kemarin sempat di hari kedua mati lampu sebentar,  tapi karena kesigapan pihak PLN, mereka memang siaga disini tidak ada terjadi kendala dalam pelaksanaan tes, kami berterima kasih kepada PLN ketika mati lampu akibat dari faktor alam, kemarin hujan ada petir, biasanya secara otomatis mati listrik, tetapi langsung diatasi dengan pemasangan genset,”jelasnya.

Selama tes CPNS, pihak PLN, lanjut dia, memang menyiagakan beberapa tenaga teknis dalam menangani pemadaman listrik. 

”Mereka memang menyediakan genset, untuk antisipasi pemadaman ini. Jadi setelah menyala, tes dapat dilanjutkan kembali,”ungkapnya.

Peserta Keluhkan Waktu dan Panjangnya Soal 

Sementara itu, Rama salah satu peserta CPNS dari Sungailiat yang belum mencapai passing grade mengaku kesulitan mengerjakan soal tes CPNS. 

“Soal sih gak susah, cuma di bahasa Indonesia soalnya terlalu panjang. Jadi kita harus memahami satu persatu gak boleh langsung klik saja, ” kata Rama usai mengikuti tes.

Selain soal terlalu panjang, Rama juga mengeluhkan waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal terlalu sedikit.

“Waktunya terlalu mepet, jumlah soal ada 100, waktu yang disedikan gak sampe dua jam, jadi kita harus benar benar teliti,” katanya seraya mengatakan harus mengerjakan 100 soal dalam 90 menit.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button