NEWS

Peringati HMPI, PT PLN Babel dan Ikebana Tanam Ribuan Pohon

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) PT PLN wilayah Bangka Belitung (Babel) bersama Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana) melakukan penanaman serentak 22.000 pohon di lingkungan Kelurahan Kenanga, Rabu (28/11/2018). Program penanaman pohon peneduh dan penyerap polusi udara ini merupakan program CSR perusahaan plat merah ini.

General Manager PT PLN Babel Abdul Muklis dalam sambutannya mengatakan dalam penanaman pohon tersebut pihak PLN senantiasa menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, komunitas perguruan tinggi, BUMN dan kelompok usaha agar hasilnya berdampak besar bagi masyarakat. 

“Salah satu alasan mengapa kami mendukung program ini adalah bagian dari CSR PT PLN, karena mitra kerja dalam hal ini Ikebana memiliki program jangka panjang untuk kemandirian. Hal ini menjadi prasyarat dalam menyalurkan program PLN,” katanya.

Dana program CSR ini, lanjut dia, diharapkan benar benar dapat memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan.

“Sebagai komitmen perusahaan dalam bidang lingkungan hingga pertengahan tahun 2018 lalu PLN telah menanam 42.200 pohon yang tersebar di wilayah Bangka Belitung,” katanya.

Sedangkan untuk kerja sama dengan Ikebana ada sebanyak 5.100 pohon yang ditanam yakni di Kecamatan Belinyu lokasi bekas tambang yang ditanam dengan pohon pinus, angsana, pelawan dan trembesi untuk penghijauan dan penahan polusi.

Di Pantai Rebo ditanam untuk mencegah abrasi dan di Kelurahan Kenanga sebanyak 400 pohon buah-buahan dibagikan ke masyarakat yang bisa memberi nilai ekonomis.

Dimana salah satu program penanaman pohon tersebut mendapatkan penghargaan Indonesia Green Award Tahun 2017 The La Tofi School of CSR dan Menteri Lingkungan Hidup. Selain itu juga PT PLN wilayah Babel menerima penghargaan indeks kepuasan pelanggan nomor satu se-Indonesia.

Pihaknya juga, tambah Mukhlis, sedang mendata jumlah sampah untuk dibuat palet sebagai bahan bakar. Menurut dia, di Belitung sudah diujicobakan pembangkit listrik berbahan bakar sawit untuk ganti bahan bakar solar.

“Kami yakin kalau lingkungan terjaga membuat hidup sehat dan umur panjang. Program kami juga rencananya di lahan bekas tambang izinkan kami tutup pakai limbah batubara kami dan diatasnya bisa ditanam pohon,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman turut mendukung kegiatan PT PLN wilayah Babel untuk melakukan penanaman pohon. Kegiatan tersebut dilakukan tidak hanya untuk mengurangi polusi udara, tetapi menghijaukan lahan dan pelestarian lingkungan.

“Kita harus dukung gerakan PLN dan pelaku BUMN yang peran serta dan kecintaannya terhadap lingkungan. Kondisi alam dan lingkungan kita sudah hancur akibat penambangan,” ungkap Erzaldi.

Untuk itu, menurutnya perlu memberikan pemahaman kepada para generasi muda agar mengerti dan memahami pentingnya melestarikan alam.

Selain itu juga pihaknya nanti akan bekerjasama dengan PT PLN berkaitan dengan buah sawit yang akan diolah dari CPO menjadi biofuel untuk mengantikan solar.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ikebana Kabupaten Bangka Ervawi mengatakan, di luar negeri sudah sejak usia dini ditanamkan rasa mencintai lingkungan. Mereka sudah diajarkan 4 to yakni to love, to care, to save dan to protection untuk menjaga lingkungan.

“Kami Ikebana sudah sembilan tahun bergerak di lingkungan menanam kawasan tandus yang kami konservasi. Ikebana mengajak beribadah menanam pohon dan memelihara alam yang sudah lama didengungkan. Kalau kita melindungi bumi bumi melindungi kita,”jelas Ervawi.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button