NEWS

KPU Bangka Tetapkan DPTHP 2 Sebanyak 206.913 Jiwa

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan dan Penetapan (DPTHP 2) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Ballroom Hotel Manunggal Sungailiat, Senin (12/11/2018).

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M. Hasan mengatakan, DPT dinilai sangat penting dalam suatu proses pemilihan umum terlebih dalam mensukseskan Pemilihan Umum presiden (Pilpres) dan Wakil presiden (Wapres) tahun 2019 mendatang.

”Daftar pemilihan yang akurat dan lengkap, merupakan hal yang sangat penting, dalam proses pesta demokrasi kita kedepan nanti,”jelas Hasan dalam paparannya.

Menurut dia, proses penentuan DPT yang dilalui KPU sangat panjang, dengan tujuan memberikan hasil tentang informasi terbaru dari penetapan DPT yang akurat dan update. ‘Ini penting. Karena semua inti dari proses Pemilu kedepan khususnya di Kabupaten Bangka, adalah hasil rekapitulasi hari ini,”ujarnya.

Untuk hasil DPTHP pertama yang digelar KPU Bangkabeberapa waktu lalu, seperti jumlah DPT sebanyak 204.342 jiwa terbagi atas laki-laki 104.569 jiwa, perempuan 99.773 jiwa, kelurahan/desa berjumlah 81, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 869 unit.

Setelah rapat pleno DPTHP ke-2 hari ini, terdapat perbaikan jumlah data, yakni jumlah DPT 206.913 jiwa, terdiri dari jumlah DPT Laki-laki 105.890 jiwa, Perempuan 101.023 jiwa. Kelurahan/Desa tetap berjumlah 81, dan TPS 871 unit di seluruh wilayah Kabupaten Bangka.

Penyampaian rekapitulasi DPTHP yang kedua sendiri, dilakukan oleh perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Zulkifli menekankan kepada KPU Bangka beserta para PPK untuk dapat mempertanggungjawabkan jumlah data DPTHP tersebut, terutama tentang jumlah Pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yakni 759 jiwa.

“Penentuan TMS ini sangat penting dan berlandaskan hukum. Untuk TMS ini, harus dipertanggungjawabkan. Ini menyangkut hal penting, dan menyangkut hukum. Kami juga nanti akan melakukan pengecekan di lapangan agar lebih jelas,”tutupnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close