NEWS

KPU Bangka Resmikan Rumah Pintar Pemilu Sepintu Sedulang

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka meresmikan Rumah Pintar Pemilu Sepintu Sedulang dan Taman Pintar Pemilu di Sekretariat KPU Bangka, Selasa (27/11/2018).

Ketua KPU Bangka M. Hasan dalam sambutannya mengatakan, rumah pintar pemilu didirikan untuk menjadi sarana edukasi kepemiluan, agar para pemilih menjadi pemilih yang cerdas pada Pemilu 2019 mendatang.

“Tujuannya agar pemilih menjadi pemilih yang cerdas, pemilih yang berkualitas serta tidak terjebak pada kepentingan sesaat, seperti salah satunya money politik,” harap Hasan.

Rumah pintar pemilu tersebut, kata dia, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara kuantitas maupun kualitas pemahaman terhadap kepemiluan.

“Kami berharap rumah pintar ini memberikan nilai politik bagi kehidupan demokrasi,”jelasnya.

KPU Kabupaten Bangka, lanjut dia, ingin merubah paradigma pemilu bukan hal yang mengerikan, sesuatu yang sering menimbulkan huru hara dan mencemaskan, namun pihaknya ingin mengemas dengan sesuatu yang positif.

“Kami ingin memberikan pendidikan kepada pemilih pemula, bahwa pemilu sesuatu yang mengasyikkan, pemilu adalah proses pergantian pemimpin,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Babel, Davitri menyampaikan, rumah pintar pemilu KPU Kabupaten Bangka merupakan rumah pintar pemilu ketujuh yang didirikan di Provinsi Babel.

“Dalam waktu dekat akan berdiri rumah pintar pemilu di Belitung Timur. Ini merupakan semua gagasan program dari KPU RI yang secara bertahap didirikan di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten dan kota,” katanya.

Davitri mengatakan rumah pintar pemilu mendapat respon positif dimana pendidikan pemilu sejak dini juga sangat dibutuhkan. Tujuannya agar masyarakat dan semua orang bahwa belajar tentang kepemiluan dan proses demokrasi yang terjadi di Indonesia.

”Jadi pendidikan pemilu yang diberikan kepada pelajar juga sangat baik agar mereka (pelajar) dapat mengerti seperti apa sih pemilu itu sebenarnya. Semoga juga hadirnya rumah pintar pemilu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat,”jelasnya.

Davitri mengharapkan gagasan-gagasan yang ada kemudian bisa dijadikan gerakan yang tidak hanya bertumpu kepada penyelenggara pemilu yakni KPU saja, tetapi ada sebuah kesadaran bersama untuk mensukseskan Pemilu 2019 dan pemilu yang akan datang.

Dia berharap dengan adanya rumah pintar pemilu bisa memberikan nilai- nilai pendidikan politik, pendidikan demokrasi, sehingga pemilih pelajar atau pemilih pemula bisa belajar soal pemilu.

Apalagi, lanjut Davitri, Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Karena, Pemilu 2019 yang pertama yang digabungkan secara serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Oleh karena itu kami akan berusaha maksimal untuk melakukan partisipasi melalui simulasi simulasi secara masif dan maksimal. Tapi ini bukan hanya tugas KPU saja tetapi parpol ketika melakukan kampanye lebih kepada nilai-nilai pendidikan kepada pemilih,” harap Davitri.

Davitri berharap apa yang di ikhtiarkan ini dan kedepannya bisa meningkatkan target partisipasi pemilih yang ditetapkan oleh KPU RI pada pemilihan umum tahun 2019 yaitu sebesar 77,5 persen.

Sementara itu Dawami, Staf Ahli Bupati Bangka menyambut baik adanya Taman Pintar Pemilu dan Rumah Pintar Pemilu Sepintu Sedulang.

“Tujuannya tak lain untuk menyukseskan Pemilu 2019 maupun pemilu yang akan datang. Ini merupakan dokumentasi, bisa dikatakan sebagai perpustakaan bagi generasi pemuda kedepan untuk mempelajari tentang pemilu,” harapnya

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button