NEWS

Kades Jangan Terlibat Politik Praktis

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka Arman Agus mengingatkan kepada kepala desa (kades) untuk tidak terlibat kampanye dalam Pemilu tahun 2019.

“Mohon kades yang masih aktif tidak usah ikut serta pelaksaan kampanye atau memberikan dukungan calon atau kepada partai politik (parpol),” kata Arman, Kamis (1/11/2018).

Namun, kata dia, bagi kades yang sudah mengundurkan diri karena mencalonkan diri dan menjadi calon anggota legislatif dipersilahkan untuk kampanye.

“Bagi kades yang masih aktif sama seperti ASN, jangan kampanye. Tapi bagi kades yang sudah mengundurkan diri jadi caleg, silahkan,” katanya.

Dikatakan Arman jika ada kades yang terlibat politik praktis, sanksinya diberikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dinsospemdes, katanya hanya memberikan himbauan.

“Masyarakat desa juga bisa melaporkan ke Bawaslu kalau ada kades yang masih aktif ikut kampanye salah satu partai atau caleg,” jelasnya.

Tahun ini, kata Arman, ada empat kades di Kabupaten Bangka yang mengundurkan diri karena maju sebagai caleg. Tak hanya kades, staf nya pun ia tegaskan untuk tidak ikut kampanye Pemilu 2019.

“Hal ini berdasarkan instruksi dari Kemenpan RI terkait netralitas ASN. Seluruh OPD memasang spanduk himbauan kepada ASN agar jangan terlibat langsung,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button