NEWS

Generasi Milenial Diajak Cerdas Gunakan Kosmetik

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang Hermanto mengajak generasi milenial di Kabupaten Bangka untuk cerdas dalam memilih kosmetik. Generasi milenial diingatkan perihal bahaya menggunakan kosmetik ilegal yang berbahaya bagi kesehatan.

“Generasi milenial, punya akses yang mudah melalui media sosial mereka. Kita ajak dan bentengi agar mereka menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih kosmetika, agar tau kosmetika yang mana yang berbahaya bagi kesehatan,” kata Hermanto dalam kampanye cerdas menggunakan kosmetik pada generasi milenial di Hotel Novilla Sungailiat, Selasa (6/11/2018).

Berdasarkan hasil pengawasan BPOM, kata dia, secara keseluruhan di Indonesia masih ditemukan produk-produk kosmetik yang ilegal dan mengandung zat yang berbahaya. Dia mengimbau sebelum menggunakan produk, jangan dengar kata teman, tetapi penting untuk memeriksa legalitas produk tersebut apakah aman bagi kesehatan.

“Kalau di Provinsi Babel juga masih kita temukan beberapa produk yang ilegal, malah di media seperti di Serang ditemukan produk yang industrinya berskala besar dan itu akan disebarkan di seluruh Indonesia, termasuk dalam bentuk produk sudah siap jadi, katanya dari luar negeri nyatanya diproduksi dalam negeri. Dari BPOM tetap melakukan penindakan, namun jika masyarakat cerdas produk itu akan berkurang,” katanya.

Sementara itu, dr. Retno dari Kimly Aesthetic Clinic Pangkalpinang mengatakan untuk memilih kosmetik yang aman harus disesuaikan dengan usia dan jenis kulit. 

Jika salah dalam memilih kosmetik maka, katanya akan ada dampak pada kulit seperti gatal dan kemerahan bahkan kanker. 

“Dampak ringan kulit terasa gatal, kemerahan kalo sudah mengalami hal tersebut saya sarankan langsung distop dan langsung konsultasi ke dokter. Dampak paling berat apabila dilanjutkan maka akan ketergantungan, jangka panjangnya akan terjadi kanker,” jelasnya. 

Dia menyarankan, usia remaja untuk tidak menggunakan kosmetik untuk orangtua. Selain itu, saat ini dengan adanya aplikasi dari Badan POM baik via website maupun via android, masyakat dan generasi milenial bisa melakukan pengecekan terkait keamanan produk.

“Kita harus sudah lebih kritis, kita harus bisa ngecek sebagai contoh kita beli sabun muka di toko kosmetik kita bisa langsung ngecek aja itu legal atau ilegal. Juga harus disesuaikan dengan kasus yang terjadi jika itu flek yah untuk flek, jika untuk acne yah untuk acne,” jelasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button