NEWS

Dinkes Bangka Kampanyekan Germas

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kesehatan menggelar Workshop Pelaksanaan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Kamis (22/11/2018). Kegiatan satu hari yang dilaksanakan di Hotel Novilla Sungailiat ini diikuti sebanyak 25 orang pegawai Pemkab Bangka.

Narasumber yang mengisi kegiatan tersebut dari Dinkes Provinisi Babel yang disampaikan langsung oleh kepala dinas drg. Mulyono Susanto, Bappeda Provinsi Babel, Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka, Dinkes Bangka dan Bappeda Kabupaten Bangka.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Teddy Sudarsono mengatakan, saat ini pemerintah melakukan suatu gerakan inovasi dengan mengeluarkan program Germas yang melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya.

“Dengan demikian pemangku kepentingan dan sektor lain agar dapat berperan dalam pembangunan kesehatan dengan menekankan upaya promotif dan preventif. Kegiatan ini harus dilaksanakan karena bermanfaat dan harus disebarkan ke masyarakat,” kata Teddy dalam kegiatan itu.

Germas, lanjut dia, merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sistematis, masif dan berkelanjutan dengan harapan dapat mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk, mengurangi beban masyarakat akibat penyakit.

“Germas bisa menjadi tindakan sistematis yang terencana secara bersama-sama dan perlu partisipasi lintas sektoral agar turut mengkampanyekan pola hidup sehat kepada masyarakat. Untuk di Kabupaten Bangka saat ini sudah 80 persen menggunakan fungsi jamban keluarga dan menggunakan sumber air bersih,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button