NEWS

BKKBN Babel Gelar Sosialisasi Program Pengendalian Penduduk

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – BKKBN Provinsi Bangka Belitung bersama Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi program pengendalian penduduk bersama mitra di Gedung Sepintu Sedulang, Sungailiat, Selasa (6/11/2018). Sosialisasi diikuti sebanyak 250 peserta yang terdiri dari pelajar mahasiswa dan masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Babel Etha Estelita mengatakan kegiatan ini untuk mensosialisasikan bagi anak sekolah dimana anak sekolah harus diiformasikan tentang kependudukan karena bagaimanpun kependudukan masuk kepada seluruh lapisan. 

“Pembangunan harus berwawasan  kependudukan,supaya kita ini bukan hanya sebagai objek tetapi juga sebagai subjek dan dapat diikutsertakan dalam seluruh perencanaan. Cuma belum seluruh pembangunan masuk dalam kependudukan,” jelas Etna.

BKKBN, tambah dia, juga sudah membuat sekolah siaga kependudukan tetapi belum menyasar seluruh sekolah. Kita juga membuat grand design kependudukan. “Pembangunan itu dibuat dalam rangka untuk mengetahui data data proyeksi sampai tahun sekian yang dibutuhkan untuk membangun. Jadi kependudukan itu penting, kalau tanpa data tidak bisa membangun,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai program pengendalian penduduk, keluarga berencana dan pembangunan keluarga kepada masyarakat, terutama generasi muda mengenai isu-isu kependudukan.

“Dengan demikian para peserta sosialisasi dapat memiliki pengetahuan serta pemahaman dalam pembangunan kependudukan, serta usaha dalam mewujudkan keluarga berkualitas dan terkendalinya jumlah penduduk di Kabupaten Bangka,”ungkapnya.

Berdasarkan data statistik, lanjut dia, capaian peserta KB baru di Kabupaten Bangka sebesar 55,2 persen berada di bawah capaian peserta KB baru Provinsi Babel sebesar 56,62 persen, sedangkan tingkat partisipasi pasangan usia subur di Bangka dalam menggunakan alat kontrasepsi sudah cukup tinggi sebesar 79, 1 persen.

“Ini harus menjadi pemicu usaha kita dalam mengajak masyarakat untuk mengikuti program KB. Para remaja adalah harapan bangsa yang mana harus memiliki visi kedepan, berkualitas, maju, kreatif, inovatif, mandiri, dan berahlak mulia. Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan capaian hasil pelayanan KB di Bangka serta guna menumbuhkan pengetahuan tentang isu kependudukan,”ujarnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button