NEWS

Bawaslu Babel Identifikasi Indeks Kerawanan Pemilu

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan jelajah pengawasan dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Kamis (22/11/2018) di Balai Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Babel Andi Budi Yulianto mengatakan, kegiatan yang mengusung tema ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’ tersebut digelar untuk menjalankan salah satu program dari Bawaslu provinsi Babel, dalam melakukan identifikasi indeks kerawanan pemilu. 

”Ini salah satu program dari provinsi (Bawaslu Babel), sebelum kita melakukan jelajah pengawasan, kita lakukan identifikasi indeks kerawanan pemilu yang menjadi salah satu kita melakukan jelajah pengawasan agar pada saat pemilu kita dapat mengantisipasi terjadinya pelanggaran di daerah masing-masing. Salah satunya fokusnya di Kecamatan Pemali,” ‘jelas Andi. 

Untuk indeks kerawanan pemilu menurut pengamatan Bawaslu provinsi dikatakan Andi, terdapat beberapa indikator. Dia mencontohkan kondisi kerawanan bisa terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinilai rawan,politik uang, masalah daftar pemilih dan keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat dalam pemilu.

”Dari indikator-indikator itu, salah satunya yang menjadi fokus kita adalah terkait dengan mata pilih (pemilih) yang ada di perbatasan, seperti daerah perbatasan antara Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka (Pangkalpinang dan Kace Timur),”ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, fokus Bawaslu juga terarah ke daerah maupun wilayah yang mempunyai jumlah calon legislatif (Caleg) terbanyak. Kemungkinan, lanjut dia, bisa terjadi persaingan yang kurang fair.

Untuk itu, Andi berharap jajaran pengawas pemilu hingga ke desa-desa dapat melakukan tugas dan fungsi yang baik dalam proses pengawasan pemilu kedepan.

”Jajaran pengawas sampai ke tingkat desa dan paling bawah harus sigap tentang hal itu. Semoga kedepannya nanti, pelanggaran-pelanggaran yang dapat merusak jalannya pesta demokrasi ini tidak terjadi,” tegasnya.

Sementara itu, Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan AntarLembaga Bawaslu Kabupaten Bangka, Zulkipli menjelaskan pihaknya sudah melakukan pemetaan kerawanan yang kemungkinan terjadi pada pemilu mendatang.

“Untuk pemetaan kerawanan seperti politik uang, adanya tekanan dari tokoh masyarakat maupun terkait daftar pemilih, yang menjadi fokus Bawaslu tersebut, sudah dilakukan. Kerawanan-kerawanan itu sudah kami pelajari berdasarkan identifikasi dari pengalaman pemilu yang lalu,” jelasnya.

Hingga saat ini, Bawaslu Kabupaten Bangka, ia menambahkan memang sudah melakukan pengawasan, terhitung sejak jadwal kampanye dimulai. Sejauh ini, menurutnya, masih dalam kondisi yang kondusif. 

‘Untuk sekarang ini karena masih kampanyenya beberapa bulan, pergerakannya masih sedikit. Memang ada beberapa yang sudah kampanye yang dilakukan beberapa partai, tapi alhamdulillah untuk sementara masih kondusif. Harapan kami kedepan tetap kondusif,” ujarnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button