NEWS

Tim Binwas Periksa 59 Tempat Praktek Bidan Mandiri

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka melakukan Pembinaan dan Pengawasan Praktek Mandiri Bidan (Binwas PMB) di Kabupaten Bangka pada 2-10 Oktober 2018. Sebanyak 59 tempat praktek bidan mandiri di delapan kecamatan didatangi tim Binwas PMB ini.

“Binwas PMB dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan dan izin praktek Bidan serta untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan di Kabupaten Bangka,” kata Kasi Promkes, Kesja dan Olahraga Dinkes Bangka Susi Wati, Jum’at, (12/10/2018).

Menurutnya, tim mengecek kelayakan sarana, prasarana serta alat kesehatan yang digunakan dalam memberikan pelayanan kebidanan. Selain itu turut dilakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi perizinan yang wajib dimiliki oleh bidan yakni STR (Surat Tanda Registrasi) dan Surat Izin Praktek Bidan (SIPB).

“Dalam Binwas PMB ini bidan juga diberikan penyuluhan dan bimbingan terkait standar penyelenggaraan pelayanan asuhan kebidanan sesuai persyaratan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017 oleh narasumber Kepala Dinkes Bangka, dr. Then Suyanti,”katanya. ¬†

Binwas PMB ini, kata Susi diarahkan untuk meningkatkan mutu pelayanan, keselamatan pasien dan melindungi masyarakat terhadap segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

“Hasil dari Binwas PMB ini tidak ditemukan masalah atau kendala yang berarti. Namun tim Binwas tetap menghimbau agar para bidan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button