NEWS

Syahbudin Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi di Sungailiat

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Wakil Bupati Bangka Syahbudin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes)  Bahrul Ulum Islamic Centre Sungailiat, Senin (22/10/2018).

Peringatan tahun keempat Hari Santri Nasional ini dilaksanakan dalam upacara yang diikuti utusan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) se-Babel dengan inspektur upacara Gubernur Babel diwakili Kepala Biro Kesra Asraf Suryadin. Upacara ini juga dihadiri para pimpinan Ponpes, tokoh agama dan para pejabat sipil, TNI dan Polri di Babel.

Dalam acara tersebut turut ditampilkan atraksi seni oleh para santri Ponpes Bahrul Ulum yang berjumlah sekitar 200 orang. Mereka menampilkan tari massal yang memperagakan gerakan tari saman dari Aceh serta atraksi seni lainnya.

Inspektur upacara, Asyraf Suryadin membacakansambutan tertulis Menteri Agama mengatakan, Hari Santri Nasional tahun 2018 mengusung tema “Bersama Santri Damailah Negeri” sebagai respon dari kondisi bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan seperti hoax, ujaran kebencian, propaganda dan berbagai hal lainnya.

Melalui Hari Santri Nasional tahun ini, lanjutnya ada pesan perdamaian yang disampaikan yakni santri yang selalu toleran dan cinta tanah air.

“Sejarah lahir hari santri yang sangat terkait dengan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, yang juga menyulut terjadinya peristiwa 10 November di Surabaya. Santri telah membuktikan memberikan andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,”ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Syahbudin dalam kesempatan itu menjelaskan, visi memimpin Kabupaten Bangka lima tahun mendatang bersama Bupati Bangka Mulkan adalah Bangka Sejahtera dan Mulia yang selanjutnya disebut “ Bangka Setara”.

Bangka Setara, katanya adalah merupakan perwujudan secara utuh menciptakan posisi kesejahteraan dan kesamaan tingkat harkat dan martabat, serta pemerataan keadilan dan tingkat kesejahteraan pembangunan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bangka.

“Terkait dengan mewujudkan visi tersebut diantaranya bidang pendidikan baik sekolah umum, pondok pesantren maupun lembaga pendidikan nonformal telah dituangkan dalam misi Kabupaten Bangka yakni mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas,”ujarnya.

Dia mengatakan, Ponpes yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka hingga saat ini terus melakukan kegiatan pendidikan baik pengetahuan umum maupun ilmu agama Islam  guna mewujudkan sumber daya manusia selain menguasai ilmu dan teknologi juga beriman dan bertakwa.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button