NEWS

Sembilan KUB Nelayan Bangka Dibantu Sarana Tangkap Ikan

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Dinas Perikanan Kabupaten Bangka akan memberikan bantuan sarana penangkapan ikan berupa kapal, jaring, mesin tempel dan alat bantu penangkapan ikan kepada sembilan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan penerima manfaat di Kabupaten Bangka. 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran mengatakan penyerahan bantuan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2018 di Pantai Matras Sungailiat. Sembilan KUB ini, kata dia, diantaranya, KUB Karya Sejahtera Merawang, KUB Gugus Darat Belinyu, KUB Bintang Orion Nelayan 2 Sungailiat dan KUB Teluk Limau Matras Sungailiat.

“Selain itu ada KUB Sumber Rezeki Desa Air Anyir Merawang, KUB Air Belandut Dusun Sinar Gunung Riau Silip, KUB Nelayan Bersama Desa Deniang Riau Silip, KUB Harapan Baru Desa ReboSungailiat, KUB Batu Berakit Kelurahan Matras Sungailiat,” ungkap Sapran, Senin (22/10/2018).

Menurut dia, tujuan pemberian bantuan tersebut sebagai langkah Pemkab Bangka dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan yang ada di Kabupaten Bangka. Sapran menambahkan bahwa sumber dana yang digunakan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Bantuan ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan Kabupaten Bangka, cuma kan anggaran kita terbatas dan nelayan kita hampir sembilan ribu, oleh karena itu yang bisa dibantu setiap tahunnya paling diangka sembilan sampai sepuluh KUB saja untuk sumber dana menggunakan DAK,” imbuhnya.

Kesembilan KUB penerima manfaat tersebut, lanjut dia, telah dianggap layak serta memenuhi kriteria persyaratan untuk mendapatkan bantuan. Penerima manfaat, katanya harus betul-betul nelayan, penduduk asli Bangka, belum dapat bantuan serupa dan KUB minimal sudah berdiri selama satu tahun.

“Kami hanya berharap mereka yang mendapatkan bantuan ini harus ada laporan setiap mereka melaut supaya kita tahu perkembangannya serta manfaat yang kita berikan sejauh mana untuk mereka, jangan sampai kita menagih terlebih dahulu dimohon untuk kerjasamanya untuk kita lakukan pendataan serta bahan evaluasi, “harap Sapran.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button