NEWS

Mulkan Apresiasi Belinyu Karang Lintang Festival

*Bisa Promosikan Pariwisata
*Minta Dinas Inventarisir Obyek Wisata

Lensabangkabelitung.com, BELINYU – Bupati Bangka Mulkan turut memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Belinyu Karang Lintang Festival, khususnya kepada pihak yang telah menggagas kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata khususnya di Kecamatan Belinyu yang dilakukan gerakan pesona Indonesia.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini untuk mengukir kembali sejarah yang penah tercatat di Karang Lintang dan diharapkan dengan adanya inovasi dan kreatifitas dari gerakan pesona Indonesia dapat memperkaya nilai – nilai budaya di Bangka Belitung yang diakui keberadaan budaya yang sudah ada khususnya di kabupaten Bangka masih perlu dkembangkan.

“Insya Allah nilai-nilai budaya yang ada di Kecamatan Belinyu ini dapat digali kembali setelah dilaksanakan Belinyu Karang Lintang Festival,” kata kata Mulkan, Minggu (28/10) di panggung Belinyu Karang Lintang Festival.

Pengembangan pariwisata kata dia, sesuai dengan visi Bangka Setara diantaranya misinya yakni mewujudkan gerbang kota pariwisata berskala internasional yang merupakan gerakan pembangunan pariswiata Kabupaten Bangka.

“Kami akan jadikan daerah Kabupaten Bangka sebagai daerah pariwisata yang diantaranya di daerah Belinyu dengan diawali gerakan pesona Indonesia ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi pariwisata termasuk kebudayaan yang ada,” ujar Mulkan.

Mulkan menilai, kawasan Pantai Levar memiliki keindahan alam dengan masih hijaunya kawasan mangrove dan ia mengharapkan dukungan seluruh masyarakat untuk mempertahankan keberadaan hutan mangrove serta meminta kepada Danlanal Bangka Belitung membantu menjaga kawasan ini agar tidak dirusak kegiatan penambangan.

“Hijaunya pohon mangrove juga merupakan salah satu keindahan alam Kabupaten Bangka, selain keindahan pantainya. Untuk mendukung kawasan wisata hutan mangrove yang berada di kawasan Pantai Levar nantinya agar dilengkapi alat transportasi yang dapat dilalui di sungai yang berada di kawasan tersebut,” katanya.

Menyinggung tentang keberagaman kebudayaan di Kabupaten Bangka diakui Mulkan masih banyak yang belum dieksplore dan ia minta kepada Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka kembali menginventarisir obyek wisata dan kegiatan budaya yang terdapat di Kabupaten Bangka.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman yang hadir di acara tersebut berjanji akan mendukung pembangunan pariwisata di Belinyu, serta berjanji membantu membangunan sarana penerangan jalan di Kota Belinyu.

Menyinggung keinginan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Babel Aksan yang akan menjadikan Belinyu Karang Lintang Festival pada tahun 2020 ditingkatkan menjadi tahun kunjungan wisata di Belinyu, Erzaldi menyatakan dukungannya. Dalam kesempatan itu Erzaldi Rosman menandatangani MoU permohonan pembangunan talud di Pantai Levar Belinyu.

Sehari sebelumnya, Wakil Bupati Bangka Syahbudin membuka secara resmi Belinyu Karang Lintang Festival di Pantai Levar, Jalan Kebun Kapitan, Kecamatan Belinyu.

Syahbudin dalam sambutannya mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk memperkenalkan Kecamatan Belinyu dan Riau Silip sebagai destinasi wisata kuliner dan wisata alam serta mempromosikan potensi wisatanya.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa memajukan sektor pariwisata yang ada di Belinyu dan Riau Silip dengan mengangkat nilai-nilai budaya dan dapat terus dilestarikan dan dikembangkan.

“Sinergitas semua pihak sangat diharapkan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi agenda tahunan Pemkab Bangka dan didukung oleh Pemprov Babel serta Kementerian Pariwisata RI sehingga menjadi event nasional,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Juliandani Martadinata dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang pertama kali ini dilangsungkan selama 2 hari dari tanggal 27- 28 Oktober 2018 dengan kegiatan yakni lomba festival kuliner, lomba festival band, lomba foto, donor darah, parade kapal, atraksi kebudayaan, color run, serta hiburan lainnya.

Dalam pembukaan yang dihadiri juga oleh beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka, Plt Camat Belinyu Restu Ing Handayani, masyarakat dan tamu undangan lainnya itu ditampilkan berbagai atraksi seni seperti tari sambut, tari sembahyang rebut, wushu, pencak silat, drumband, serta band kawula muda Belinyu dengan vokalisnya peserta Voice Kid Indonesia.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button