NEWS

KUB Bangka Terima Bantuan Sarpras Penangkapan Ikan

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Dinas Perikanan Kabupaten Bangka memberikan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) penangkapan ikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan, di Pantai Matras, Kecamatan Sungailiat, Rabu (31/10/2018). Bantuan sebesar Rp 1.107.056.000 itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun 2018.

Bantuan yang diserahkan merupakan pengadaan sarana penangkap ikan berupa kapal fiber glass 3 GT sebanyak sembilan paket dengan konsultan perencana satu paket dan konsultan pengawasan satu paket, jaring gillnet, mesin 18 PK, GPS dan kotak pendingin masing masing sebanyak sembilan paket. Dalam kesempatan itu turut diserahkan dana asuransi bagi nelayan yang menin’ggal dunia.

KUB penerima manfaat tersebut yakni KUB Karya Sejahtera Pagarawan, KUB Bubus Darat Belinyu, KUB Bintang Orion Nelayan II Sungailiat, KUB Teluk Limau Matras Sungailiat, KUB Sumber Rezeki 1 Air Anyir Merawang, KUB Air Melandut Dusun Sinar Gunung desa Riau, Riau Silip, KUB Nelayan Bersama Desa Deniang, KUB Harapan Baru Tanjung Ratu, KUB Batu Berakit I Lingkungan Kuala Matras.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran, mengatakan bantuan tersebut merupakan implementasi dari pendampingan kepada nelayan perikanan tangkap dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan bermuara pada pencapaian visi dan misi Dinas Perikanan Kabupaten Bangka.

“Bantuan bagi para kelompok usaha bersama nelayan ini juga untuk mendukung salah satu misi bupati mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan,” jelas Sapran.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Dawami mengatakan, kegiatan pendampingan pada kelompok nelayan perikanan tangkap merupakan implementasi dari program pengembangan perikanan tangkap untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan serta bermuara kepada pencapaian visi dan misi Dinas Perikanan kabupaten Bangka.

“Melalui program dan kegiatan ini saya berharap nelayan di Kabupaten Bangka menjadi lebih berkualitas dan memiliki daya saing dalam peningkatan sumber daya manusia untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya perikanan yang ada di Kabupaten Bangka,” kata Dawami.

Selain itu, dia mengharapkan nelayan yang ada di Kabupaten Bangka menjadi lebih mandiri dan terlepas dari tengkulak serta adanya peningkatan produksi terhadap nelayan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan.

“Kami ingin agar nelayan yang ada di Kabupaten Bangka menjadi lebih mandiri dan terlepas dari tengkulak, adanya peningkatan produksi terhadap nelayan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan,” harap Dawami.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button