NEWS

KPU Bangka Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2019

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan Istighosah bersama Ustaz Wijayanto, Kamis (25/10/2018) di gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Ketua KPU Bangka, Zulkarnain mengakui walaupun proses pelaksanaan pemilu tanggal 17 April 2019 masih beberapa bulan namun suasana pemilu dan suhu politik cukup memanas. Deklarasi pemilu damai yang digelar, katanya untuk meredam memanasnya suhu politik.

“Untuk itu kami bersama dengan unsur muspida berinisiatif menggelar deklarasi damai ini. Kepala kita boleh panas, pilihan boleh berbeda, tetapi keutuhan bangsa, negara ini, tetap segala-galanya,” kata Zulkarnain.

Dia mengatakan, KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2019, menghimbau kepada partai politik untuk turut menciptakan suasana aman, damai, tentram dan kondusif di Kabupaten Bangka.

“Sudah berkali-kali, kita menyelenggarakan pemilu. Alhamdulilah, untuk daerah kita termasuk yang paling aman, semoga suasana aman tetap kita pertahankan sehingga di masyarakat Indonesia, nanti akan berpikiran, kalau ingin damai itu di Kabupaten Bangka,” ungkapnya.

Bupati Bangka Mulkan meminta kepada partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 untuk memberikan pemahaman dan arahan kepada calon legislatif masing-masing untuk dapat berpolitik secara damai dan santun. Dia mengajak para caleg untuk tidak berlomba-lomba mencari simpati masyarakat bukan saling menjelekkan atau memfitnah.

“Berpolitik dengan baik yakni tidak saling menjelek-jelekkan, karena itu demokrasi yang dinamis tergantung dengan partai politik sendiri yang memberikan arahan yang positif sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Mulkan.

Dia mengingatkan kondisi Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan kehidupan waganya yang sangat harmonis dapat dipertahankan. Di tahun politik, katanya, peran parpol untuk menciptakan suasana yang kondusif sangat penting.

“Seluruh partai politik peserta pemilu agar menanamkan kepada calegnya bahwa dalam mengikuti Pemilu ini adalah untuk mencari pemimpin yang mewakili rakyatnya yakni pemimpin yang amanah. Terima kasih kepada semua unsur yang juga telah mendukung deklarasi pemilu damai ini,” katanya.

Acara Istighosah dan Deklarasi Pemilu Damai 2019 diisi dengan pengucapan dan penandatangan deklarasi oleh para ketua parpol, ketua KPU, Bawaslu, Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat, termasuk dari unsur pers. Acara diakhiri dengan tausiah oleh Ustaz Wijayanto.

Penulis :Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button