NEWS

Dindukpencapil Bangka Cetak 3.347 Kartu Identitas Anak

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukpencapil) Kabupaten Bangka telah mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 3.347 anak per 24 Oktober 2018. KIA tersebut terdiri dari kepengurusan secara kolektif maupun mandiri oleh masyarakat.

“Terhitung sejak hari ini (kemarin-red) kita sudah mencetak sebanyak 3.347 KIA dan ada beberapa sebagian di kantor yang diurus secara kolektif akan kami segera berikan kepada TK dan PAUD yang bersangkutan,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dindukpencapil Bangka, Aswan di ruang kerjanya, Rabu (24/10/2018).

Dia menuturkan bahwa sejak per tanggal 24 Oktober 2018 sudah terdata total 99.933 anak berusia 1 hari hingga 17 tahun kurang satu hari dan dari jumlah tersebut termasuk anak yang sudah menerima KIA maupun belum.

Menurutnya, untuk pencetakan KIA tahun anggaran 2018, Dindukpencapil Bangka telah menyiapkan blangko sebanyak 33.000 buah yang terdiri dari 20.000 blangko dari dana APBD dan 13.000 buah blangko dari dana APBN.

“Pengurusan KIA secara kolektif akan difokuskan pada TK dan PAUD sedangkan untuk jalur mandiri, masyarakat dapat datang langsung ke Dindukpencapil Bangka,”kata Aswan.

Dia mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bangka untuk dapat memanfaatkan penerbitan KIA yang difasilitasi oleh Pemkab Bangka secara gratis sehingga dapat meningkatkan angka sadar administrasi di Kabupaten Bangka.

“KIA ini kan gratis tidak dipungut biaya sedikitpun maka masyarakat kita harus dapat memanfaatkan momentum yang sangat baik ini dan harapannya tentu dapat juga meningkatkan angka sadar administrasi di Kabupaten Bangka,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button