NEWS

70 ASN Pemkab Bangka Ikuti Bimtek Admin SiRUP

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Sebanyak 70 orang peserta utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) admin SiRUP dan monev online pada Pemerintah Kabupaten Bangka. Pelatihan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Bupati Bangka, Selasa (30/10/2018) dibuka oleh Sekda Bangka Akhmad Mukhsin.

Setelah diberlakukan Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah yang telah diberlakukan mulai tanggal 1 Juli 2018 serta dengan adanya peraturan LKPP Nomor 7 tahun 2018 tentang pedoman perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dimana sistem informasi rencana umum pengadaan (Sirup) merupakan sistem informasi yang digunakan untuk menyusun dan mengumumkan RUP pada masing-masing OPD.

Sekda Akhmad Muksin mengatakan, tujuan penyusunan perencanaan pengadaan adalah untuk mewujudkan kesamaan pemahaman dalam perencanaan pengadaan menjadi acuan bagi pelaku pengadaan di OPD serta pengadaan barang/jasa dan mewujudkan pengadaan barang/jasa yang sesuai dengan tujuan, kebijakan, prisip dan etika pengadaan barang/jasa.

Sedangkan untuk aplikasi monev online (Sismontepra) sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 20 tahun 2015 tentang tim evaluasi dan pengawasan realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ). Selain itu, katanya dilakukan coaching clinic Simda keuangan dari perwakilan BPKP Kepulauan Bangka Belitung bagi admin OPD terkait penggunaan aplikasi untuk realisasi keuangan dan fisik pada masing masing OPD.

Mukhsin mengharapkan kedepan seluruh laporan kegiatan APBD akan dilakukan secara online sesuai dengan visi dan misi Pemkab Bangka yakni Bangka Setara.

“Salah satu rencana aksi 100 hari kerja bakti bupati dan wakil bupati Bangka periode 2018 – 2023 yakni percepatan pengentrian data pada aplikasi SiRUP untuk kegiatan APBD tahun anggaran 2019 dengan waktu penyelesaian paling lambat awal Desember 2018, “katanya. 

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh PPK OPD dan Kasubag Perencana dan Pelaporan serta admin SiRUP OPD selesai pelatihan dalam bimtek ini untuk segera mengentri data – data kegiatan APBD tahun anggaran 2019 pada aplikasi SiRUP sehingga rencana aksi 100 hari kerja bupati dan wakil bupati Bangka dapat tercapai serta proses pengadaan barang/jasa dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, data – data kegiatan APBD Perubahan tahun anggaran 2018 juga harus mudah dientrikan mengingat pelaksanaan kegiatan perubahan menyisahkan 2 bulan lagi yakni bulan November dan Desember 2019.

“Agar menjadi perhatian bagi admin OPD untuk mengentri data realiasi keuangan dan data, relaisasi fisik sampai dengan bulan Desember. Nantinya pada aplikasi Sismontepra,” ujar Mukhsin.

Selain itu, dia juga berharap kepada peserta pelatihan agar disampaikan kepada OPD masing – masing agar menetapkan dan menentukan target fisik dan keuangan per bulan untuk kegiatan APBD tahun anggaran 2019.

“Peserta pelatihan dan bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin dan apa yang telah didapat dalam pelatihan dan bimtek ini dapat dilaksanakan dan diinformasi kepada kepala OPD dan PPK yang belum hadir pada kesempatan ini,”pungkas Mukhsin.

Penulis : Release/Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button