NEWS

120 Kapal Yacht Berlabuh di Pantai Tanjung Pesona

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 120 kapal layar yacht dari 10 negara berlabuh di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (23/10/2018).

Kedatangan para yachter ini dalam rangkaian acara Wonderful Sail To Indonesia 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka. 

General Manager Hotel Tanjung Pesona Beach Yohanes mengatakan dalam Wonderful Indonesia ini menjadi wisata kapal yacht terpanjang di dunia melintasi jalur terbaik sepanjang 7000 km di perairan nusantara dan berlangsung selama 5 bulan dari Juni hingga November 2018 atau saat cuaca paling baik di perairan garis khatulistiwa.

“Wonderful Sail to Indonesia terdiri dari 5 rally di kapal layar dunia yaitu Wonderful Sail Anambas Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back to Down Under Rally, Wonderful Sail 2 indonesia dan Wonderful Sail Indonesia,” kata Yohanes, Selasa.

Menurut dia, Pantai Tanjung Pesona sebagai salah satu tempat destinasi wisata Wonderful Sail saat ini sudah diketahui menjadi salah satu koordinat dari seluruh komunitas kapal layar sehingga dapat turut serta mempromosikan wisata Pulau Bangka khususnya Pantai Tanjung Pesona ini sebagai salah satu tempat destinasi wisata bahari di Indonesia secara internasional.

“Harapan kami kegiatan ini bisa diagendakan terus-menerus yang masuk ke dalam program kerja dinas pariwisata dan kebudayaan baik provinsi maupun kabupaten sehingga dapat meningkatkan wisatawan mancanegara ke Babel khususnya ke Pulau Bangka,”katanya.

Wonderful Sail to Indonesia 2018, dia menambahkan, merupakan wisata layar yang prestisius karena reli layarnya memakan waktu terlama, para yachter ini akan singgah di 21 destinasi titik labuh di seluruh Indonesia dan akan mengahiri pelayaran wisatanya atau keluar dari perairan Indonesia melalui exit port Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau pada 26 November 2018.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Syahbudin saat menyambut para yachter sangat mengapresiasi kegiatan Wonderful Sail To Indonesia 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka. Dia berharap para yachter dapat mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Bangka.

“Kita mengapresiasi dan bersyukur karena para wisatawan mempunyai tujuan wisatanya ke daerah kita, In shaa Allah ini menjadi promosi bagi daerah kita dan mereka ketika kembali kedaerahnya mereka bisa menceritakan tentang bagaimana kondisi wisata ditempat kita yang masih murni. Untuk itu potensinya harus kita kembangkan dan kita jaga,” harap Syahbudin. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Asep Setiawan menambahkan, beberapa tahun lalu kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Parai tapi karena gelombang sangat besar sehingga para yachter kesulitan untuk mendarat.  “Kita coba di sini (Pantai Tanjung Pesona-red) karena pagi gelombang baru tenang,”jelas Asep. 

Asep mengatakan, tujuan penyambutan para yachter untuk mengenalkan kawasan ekonomi khusus (KEK) dan yang terpenting, katanya adalah kebutuhan mereka untuk bersandar. “Artinya ketika ada gelombang besar kapal itu bisa aman untuk bersandar. Marinanya tonggak untuk menyandarkan kapal itu ada,” ungkap Asep.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button