NEWS

Nyaleg, Empat Kades Mengundurkan Diri

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak empat orang kepala desa (kades) di Kabupaten Bangka mengundurkan diri dari jabatannya untuk mencalonkan diri menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pileg tahun 2019. Keempat kades tersebut yaitu Kades Bakam, Sempan, Air Ruay dan Kace.

Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka Arman Agus Kmembenarkan hal tersebut. Menurutnya dari 62 kades di Bangka, ada sebagian yang maju menjadi caleg.

“Kita sudah mengeluarkan surat keterangan pengunduran diri kades karena menjadi caleg tahun 2019,” kata Arman di ruang kerjanya, Senin (23/7/2018).

Pengunduran diri kades tersebut, dikatakan Arman karena sesuai peraturan KPU nomor 876 tahun 2018. Dalam aturan itu menyebutkan pejabat baik presiden hingga kades yang mencalonkan diri menjadi caleg harus mengundurkan diri.

Menurutnya, surat pengunduran diri dikeluarkan sampai menunggu keputusan tetap tanggal 19 September 2018. “Nanti mereka berhenti menjabat sebagai kades pada 19 September. Pada 20 September mereka tidak lagi menduduki jabatan kades walaupun masa jabatan kadesnya sampai tahun 2019,” jelasnya.

Kades yang mengundurkan diri, lanjut Arman, nantinya akan diganti oleh pejabat melalui proses pergantian antarwaktu (PAW) yaitu Pj yang berasal dari usulan BPD dan kecamatan yang kemudian akan di SK-kan oleh bupati. 

“PAW kades berasal dari PNS di desa tersebut sehingga posisi kades yang kosong tidak menganggu kinerja di desa tersebut,” jelasnya.

Ia menegaskan, nantinya jika tidak terpilih dalam Pileg, kades yang mengundurkan diri tidak dapat menjabat kembali. “Masa jabatan kades diberi tiga periode masing-masing enam tahun. Tidak terpilih di 2019, mereka bisa ikut Pilkades dan dicalonkan kembali, silahkan,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button