NEWS

Harga Telur Naik, Ini Kata Kadisnakerperindag Bangka

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sejak dua minggu terakhir harga telur ayam di Pasar Sungailiat mengalami kenaikan, dari semula Rp1.600 menjadi Rp1.700- Rp1.800 per butirnya. Kondisi ini, menurut Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerperindag) Kabupaten Bangka bukan hanya terjadi di Bangka Belitung tetapi juga hampir seluruh daerah di Indonesia.

Kepala Disnakerperindag Kabupaten Bangka Thony Marza mengatakan penyebab naiknya harga telur karena komponen biaya produksi yang mengalami kenaikan sehingga harga telur ke konsumen juga ikut mengalami kenaikan.

“Pemerintah rencananya akan mengatur ulang bagaimana perihal telur ini. Kami juga dalam hal ini terus memantau perkembangan harga telur baik di tingkat lokal maupun pusat karena bagaimanapun ketika kenaikan ini hampir merata di seluruh daerah pasti ada penyebab pasti untuk kenaikan harga,” jelas Thony, Rabu (18/7/2018).

Namun demikian, kata dia, untuk suplai stok telur ke Kabupaten Bangka selama ini masih normal dan lancar. Thony, juga membantah kalau ada permainan harga, karena kenaikan bukan hanya di Bangka. “Kalau sudah merata maka semua ini siapa yang mau mainkan harga,” kata Thony.

Untuk pasokan telur di pasar untuk konsumen di Kabupaten Bangka masih cukup hanya saja memang ada kenaikan harga dari para peternakan ayam petelur. “Ketika kenaikan itu terjadi dari peternak maka kenaikan itu akan berentet sampai ke penjualan,” ungkap Thony.

Dia menambahkan, untuk pasokan telur ayam ke Kabupaten Bangka berasal dari peternak lokal dan Palembang. Tapi peternak ayam petelur di Pulau Bangka ini menurutnya cukup banyak sentranya terutama di Kabupaten Bangka Barat.
Sedangkan di Kabupaten Bangka umumnya peternak ayam pedaging.

Sementara itu salah satu agen telur di Pasar Sungailiat membenarkan adanya kenaikan harga telur sejak dua minggu kemarin. Menurut dia, harga telur naik Rp100 per butirnya. “Untuk pasokan telur masih stabil, tidak ada pengurangan, termasuk jumlah,” kata dia.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button