NEWS

Bupati Bangka Tinjau Pembangunan Pasar Inpres

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati Bangka Tarmizi Saat meninjau pembangunan Pasar Inpres di Kecamatan Sungailiat, Senin (16/7/2018). Pembangunan Pasar Inpres akan menelan dana sebesar Rp 2,9 miliar lebih dari dana APBD dengan kontraktor PT Karya Pratama Konstruksi.

Tarmizi kepada wartawan mengatakan pembangunan Pasar Inpres sudah diprogramkan Pemkab Bangka beberapa tahun yang lalu dan merupakan kelanjutan dari pembangunan Pasar Kite Sungailiat, Pasar Kenanga, Pasar Penagan, Pasar Belinyu dan Pasar Petaling. 

“Yang belumnya Pasar Inpres. Untuk Pasar Inpres sendiri ada 3 , penataan ruko didepan, jalan dan fisik. Pasarnya los terbuka, harus ditata, ditambah lagi dengan embung, supaya nanti ada kebanjiran air yang tergenang tidak terlalu lama, karena ada kantor lurah dan KUA, “jelas Tarmizi. 

Menurut dia, setelah bangunan selesai akan ada pengundian bagi pedagang yang akan menempati los atau lapak oleh dinas terkait. 

Dia berharap tidak ada titip-menitip pedagang dan tidak ada pedagang yang sudah berdagang pasar lain memiliki lapak di Pasar Inpres.

“Yang punya los di Pasar Kenanga juga gak usah lagi lah, berbagi dengan orang lain, jangan harus keluarga dia semua, keluarga bupati, wakil bupati, keluarga sekda, keluarga dewan, jangan lah beri kepada masyarakat lah untuk berdagang,”ungkapnya.

Selain itu, kebersihan pasar juga harus dijaga, ditata sebagai muka daripada Kota Sungailiat, kota bersih tertib dan aman, kota yang benar benar tentram bagi masyarakatnya. 

Nantinya, lanjut dia, Pemkab Bangka akan membangun pasar di Sinar Jaya, supaya konsentrasi pembeli di Pasar Kite tidak terlalu numpuk. Berikutnya di daerah Pohin yang menurutnya sudah ada cikal bakalnya dan tinggal dibangun pasar.

“Artinya jika sudah dibangun pasar ini, fasilitas umum masyarakat terjaga dengan baik, nanti akan diikuti oleh stadion untuk olahraga, di Bangka ini akan dibangun di Air Anyir, kerja sama dengan Pak gubernur dengan dana alokasi khusus dan dana APBN. Ini satu kesatuan, pasar rapi bersih pedagang nanti akan menunjang pariwisata kawasan ekonomi khusus,”jelasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button