NEWS

Aliansi Forum Agama dan Masyarakat Kecewa Tak Bertemu Anggota Dewan Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Aliansi Forum Agama dan Tokoh Masyarakat Bangka Tengah gagal bertemu anggota dewan, ketika melakukan audiensi dengan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (12/04/2018).

Kedatangan 74 orang yang berasal dari enam kecamatan itu hanya diterima oleh Sekretaris DPRD Babel, Syaifudin.

Salah seorang perwakilan massa, Syahrial menyayangkan tidak satu pun anggota DPRD Babel yang menerima kehadiran mereka untuk bersilaturrahmi.

Mereka bisa memahami apabila anggota dewan sedang menjalani masa resesnya. Namun, katanya, saat ini bukan waktu reses para legislator tersebut.

“Ini menjadi catatan tersendiri bagi kami, bahwa anggota dewan sekarang ini tidak menghargai kehadiran masyarakat di rumah rakyat ini,” tegas Syahrial.

Sebagai masyarakat, Syahrial dan kawan-kawan mengaku sangat kecewa. Jangankan pimpinan, satu pun tidak ada anggota dewan yang menerima dan mendengarkan aspirasi mereka.

Ia juga menyoroti wacana interpelasi yang digulirkan DPRD Babel terhadap Gubernur Erzaldi.

Menurutnya, rencana tersebut terlalu cepat dilakukan ketika pemerintahan Erzaldi-Fatah belum genap berjalan setahun. Dewan bisa menilai kinerja atau kebijakan-kebijakan gubernur yang bertentangan dengan peraturan apabila pemerintahan sudah satu tahun atau setengah perjalanan.

Syahrial menilai beberapa pokok penting yang dipermasalahkan dalam rencana interpelasi kurang tepat. Antara lain mengenai zakat ASN dan absensi pegawai.

Ia berpendapat, potongan zakat dari gaji ASN tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat dhuafa. Semestinya harus didukung bersama dan bukan untuk dikecam.

Sedangkan kebijakan absensi, menurut Syahrial, bertujuan untuk meningkatkan displin ASN di lingkungan Pemprov Babel.

Dirinya berharap kepada lembaga legislatif dan eksekutif untuk tidak mempertontonkan hal-hal yang dinilai kurang harmonis kepada masyarakat. Seharusnya kedua lembaga saling bermitra dan sinergi untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Bangka Belitung.

“Kalau hak interpelasi ini tetap belanjut, kami akan melakukan aksi besar-besaran,” ancam Syahrial.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Babel, Sayifudin menjelaskan tidak adanya anggota dewan yang menemui massa aliansi forum agama dan tokoh masyarakat Bateng karena mereka tengah melakukan kunjungan kerja ke Jakarta.

Ia berjanji akan menyampaikan hasil audiensi tersebut kepada pimpinan dan anggota dewan.

“Hasil audiensi ini akan kami sampaikan kepada pimpinan dan anggota DPRD sepulang mereka kunjungan kerja,” kata Syaifudin.

Penulis : Supri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button