NEWS

Tiap Tahun, Kasus Narkoba di Kabupaten Bangka Meningkat

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bangka menilai kasus narkoba mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tahun 2017 tercatat ada sebanyak 63 kasus narkotika yang menjalani rehabilitasi. Sedangkan untuk tahun 2018 dari Januari hingga awal Maret sudah ada delapan pengguna yang direhabilitasi.

Plt BNN Kabupaten Bangka Surita melalui Kasi Rehabilitasi BNN Kabupaten Bangka Rizka Turini, mengatakan, korban pengguna narkotika rata-rata masih usia produktif 20 tahun ke atas.

“Mereka ada yang direhab di rumah sakit jiwa maupun pondok pesantren yang bekerjasama dengan BNN untuk merehabilitasi. BNN tidak memungut biaya apa pun sehubungan dengan rehabilitasi. In syaallah sampai sembuh tapi soal sembuh atau tidaknya tergantung masing-masing individu,” jelas Rizka di Kantor BNN Kabupaten Bangka, Rabu (7/3/2018).

Menurutnya rehabilitasi yang diberikan berupa terapi sesuai tahapan dan keadaan klien pengguna narkoba. Untuk itu, Kasi Pelaksana Berantas BNN Kabupaten Bangka Firdinandi mengimbau masyarakat agar tidak ragu untuk datang ke BNN jika ada anggota keluarga yang terindikasi narkoba untuk direhabilitasi.

“Silahkan datang ke BNN jika ada keluarga yang terindikasi pengguna narkoba. Siapapun orangnya dalam bentuk apa pun untuk melaksanakan proses rehabilitasi,” pesan Firnandi.

Untuk rehabilitasi narkona tidak dipungut biaya alias gratis. Ia minta agar para pemakai narkoba bisa datang ke BNN untuk direhabilitas sebelum tertangkap dan melalui proses hukum.

“Jangan takut, rehabilitasi itu bukan dihukum rehabilitasi itu proses penyembuhan dari pengaruh narkoba,” kata Firnandi.

Sementara itu Fernandi mengatakan pada ksus narkoba tidak hanya pada orang dewasa, tetapi sudah merambah pada anak usia pelajar sekolah menengah pertama (SMP).

Berkenaan dengan itu pihaknya akan menggencarkan kegiatan sosialisasi tentang narkoba, dengan sasaran mulai dari anak TK dan SD sebagai upaya pencegahan narkoba sejak anak usia dini, sehingga hingga tamat SMA nanti, para pelajar tidak mengenal narkoba

Untuk jumlah pengungkapan kasus narkoba di Kabupaten bangka, menurut Firdinandi, pihaknya bekerjasama dengan TNI dan Polri, sehingga data dan kasus tersebut semuanya diserahkan ke Polres Bangka untuk di proses hukum.

Untuk mencegah dan memastikan tidak adanya keterlibatan kasus narkoba di kalangan pegawai, BNN Bangka melakukan tes urine, namun untuk tahun 2018 ini, pihaknya belum melakukan pengadaan, mengingat alat tes urine yang digunakan sesuai standar BNN dan masih menggunakan sisa pada tahun 2017.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button