NEWS

Pemkab Bangka Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2019

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bappeda Kabupaten Bangka menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019, tahun anggaran 2019, di Hotel Tanjung Pesona, Selasa (13/3/2018). Musrenbang membahas rancangan RKPD tahun 2019 ini dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak 13 Maret-15 Maret 2018.

Musrenbang ini diikuti oleh 600 orang dari seluruh pemangku kepentingan yang terdiri dari unsur DPRD, pimpinan lembaga vertikal, OPD, kepala desa dan kelurahan, perguruan tinggi, BUMN/BUMD, perbankan, tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan lembaga sosial masyarakat.

Plt Bupati Bangka Drs. Rustamsyah dalam sambutannya mengajak seluruh komponen untuk selalu bersinergi dan berintegrasi melalui pokok-pokok pemikiran dan pandangan masing-masing guna mempercepat langkah dan memacu kinerja pemangunan daerah Kabupaten Bangka.

“Saya mengajak semua komponen penyelenggara pembangunan daerah untuk bisa lebih memacu diri masing-masing karena tantangan yang akan dihadapi kedepan akan semakin menjadi lebih erat dan semakin kompleks,” kata Rustamsyah.

Menurutnya, rencana kerja pemerintah daerah yang disusun berdasarkan hasil kesepakatan Musrenbang RKPD ini akan dijadikan bahan bagi penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) serta rancanagan APBD kabupaten Bangka 2019 mendatang.

“Musrenbang merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif yang dilaksanakan mulai dari tingkat kelurahan dan desa, yang selanjutnya dilaksanakan di tingkat kecamatan, kemudian dilaksanakan di tingkat kabupaten hingga sampai pada tingkat provinsi dan nasional,”jelasnya.

Ditambahkannya masa berlaku RPJMD Kabupaten Bangka dan Renstra perangkat daerah periode 2014-2018 berakhir pada Tahun 2018, sehingga penyusunan RKPD sesuai dengan ketentuan, mengacu pada RPJPD Kabupaten Bangka 2005-2025 yaitu pada tahap pembangunan lima tahun ketiga (2016-2020), RPJMD Provinsi Bangka Belitung 2017-2022 dan RPJMN 2005-2019.

“Visi RPJPD Kabupaten Bangka 2005-2025 adalah Kabupaten Bangka sebagai pusat industri dan perdagangan di Bangka Belitung yang berwawasan lingkungan dan didukung oleh tata pemerintahan yang baik menuju masyrakat maju, adil dan sejahtera. Sedangkan tema pembangunan Kabupaten Bangka 2019 adalah percepatan pembangunan ekonomi melalui industrialisasi komoditas unggulan daerah dan pembangunan pariwisata,”jelasnya.

Untuk itu dirinya berharap kepada seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bangka, agar dapat menyusun program dan kegiatan yang disesuaikan dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Untuk menjamin keberlanjutan arah pembangunan, arah kebijakan ekonomi Kabupaten Bangka Tahun 2019 harus sejalan dengan kebijakan ekonomi nasional dan provinsi dan harus diselaraskan dengan arah pembangunan RPJPD 2005-2025 tahun ketiga yang diarahkan untuk melakukan reformasi ekonomi menuju perekonomian yang berbasis keunggulan kompetitif,” harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button