NEWS

KPU Bangka Serahkan Alat Peraga Kampanye kepada Paslon

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka alat peraga kampanye (APK) berupa baleho kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka, di Aula Kantor KPU Bangka, Kamis (15/3/2018).

Ketua KPU Bangka Zulkarnain mengatakan APK berupa baleho, spanduk dan umbul umbul difasilitasi dan dicetak oleh KPU, berikut juga pemasangannya akan dilaksanakan oleh pihak ketiga. Untuk titik pemasangan baliho, kata Zulkarnain, KPU Bangka hanya membatasi pemasangan pada lima titik bagi masing masing paslon.

“Karena diaturannya maksimal KPU hanya menyediakan lima untuk dipasang di lima titik, pokoknya pemasangannya lima titik se-Kabupaten Bangka. Baliho kan satu kesatuan,” jelasnya.

“Kan ada ketentuan APK itu kan ada baliho, ada spanduk dan umbul umbul, itu mereka boleh mencetak 150 persen dari yang difasilitasi oleh KPU. KPU memfasilitasi lima, artinya mereka bisa mencetak lebih dari lima itu, jika lebih dari itu maka akan dicabut oleh Panwaslu karena mereka yang akan memonitoring, kalo untuk selebaran harus berdasarkan kartu keluarga (KK), jika 96 ribuan lebih ya itu yang akan dicetak,” terang Zul.

Jika KPU sudah resmi memasang APK ini secara otomatis, kata dia, Panwaslu akan menghitung jumlah APK. Pada Pilkada kali ini memang untuk APK diserahkan kepada KPU. Ini dilakukan, tambahnya, karena ingin menciptakan Pemilu yang efisien.

“Idenya kan sekarang begini, Pemilu itu inginnya kita kan lebih efisien, efisiensi pembiayaan. Artinya paslon tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk hal itu, makanya dibatasi. Kita mencoba untuk lebih efisien, sekarang itu kampanye-kampanye KPU memberikan keleluasaan lebih kepada pertemuan pertemuan, dialog-dialog , itu yang lebih ditekankan KPU, supaya mereka langsung berhubungan dengan masyarakat. Untuk penyerahan APK hari ini KPU hanya menyerahkan baliho saja, karena untuk spanduk dan umbul-umbul masih belum lengkap masih berkoordinasi dengan pihak percetakan,”ujarnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button