NEWS

Di Bangka, Pelajar SD dan MI Ikut Lomba Bercerita

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Selama empat hari, para pelajar Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Bangka mengikuti lomba bercerita tingkat kabupaten.

Lomba diikuti sebanyak 28 pelajar dari berbagai SD/MI di Kabupaten Bangka, dan digelar sejak tanggal 26 Februari sampai 1 Maret 2018 mendatang.

Dalam pembukaan perlombaan yang berlangsung di Hotel Novilla, Sungailiat, Senin (26/2/2018), turut hadir para Kepala OPD Pemkab Bangka, camat, guru dan orang tua murid, serta undangan. 

Seremoni pembukaan menampilkan pelajar SDN 1 Sungailiat, Zahra Azahria, yang pada September 2017 lalu, berhasil menjadi juara favorit pada lomba bercerita tingkat nasional.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka, Teddy Sudarsono, mewakili Plt. Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah terus mengupayakan budaya gemar membaca, terutama di kalangan pelajar. Salah satunya dilakukan melalui penyelenggaraan lomba bercerita.

Diharapkan, melalui lomba yang digelar secara rutin akan menghasilkan generasi masa depan yang cerdas, kuat dan bermartabat.

‘’Kita bangga terhadap anak-anak yang mampu bercerita di depan umum karena mempunyai keberanian menampilkan kreatifitasnya,’’ ungkap Teddy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Hj Mina Tarmizi, dalam laporannya mengatakan, lomba bercerita ini diikuti oleh 28 pelajar se-Kabupaten Bangka.

Melalui lomba bercerita, sebut Mina, banyak hal positif yang dapat dipetik. Diantaranya adalah untuk menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap warisan budaya daerah, meningkatkan pengetahuan maupun minat dan sadar membaca.

“Lomba ini juga sebagai upaya mengangkat dan mempopulerkan cerita-cerita budaya daerah. Para peserta dapat mengambil hikmah dari setiap cerita yang dibawakan,” terangnya.

Mina Tarmizi menambahkan bahwa rasa percaya diri serta keberanian anak-anak untuk tampil dan berbicara di depan khalayak akan semakin bertambah, dengan mereka mengikuti lomba.

Peserta yang berhasil menjadi juara akan diikutsertakan pada lomba serupa di tingkat provinsi.

Penulis : Vera 

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button