NEWS

Wow… Satu Malam Nelayan Sungailiat Tangkap 10 Ton Ikan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Setelah sempat tidak melaut beberapa minggu yang lalu akibat cuaca tidak menentu, akhirnya nelayan tradisional Sungailiat kembali melaut dan tidak disangka sangka hasilnya yang memuaskan. 

Hanya melaut satu malam saja, hasil tangkapan salah satu nelayan tradisional Sungailiat atasnama Asbar alias Kebbak mencapai 10 ton ikan tamban dan laisi.

“Rejeki melimpah itu diperoleh Kebbak saat menangkap ikan di Pulau Toti perairan Belinyu menggunakan alat tangkap gaek/jaring lingkar, ikan tamban dan ikan laisi sebanyak 10 ton berhasil dijaring,” kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka Ridwan, Selasa malam (23/1/2018)

Atas hasil tangkapan yang melimpah ruah, kata Ridwan, Kebbak pun mengucapkan rasa syukur atas nikmat dan rejeki yang diberikan karena melalui hasil tangkapan tersebut.

“Dari hasil penjualan 10 ton ikan hari ini, nelayan kita Kebbak ini mendapatkan uang sebanyak Rp70 juta ini luar biasa sekali,”katanya.

Ridwan menilai, efect dari zero ilegal fishing dan kapal kapal asing yang sebelumnya melaut diwilayah tangkap nelayan tradisional daerah membuat hasil tangkapan nelayan daerah ini meningkat.

Untuk itu ia berharap atas capaian panen ikan yang melimpah dari hasil melaut oleh nelayan tradisional daerah ini sudah seharusnya menjadi catatan penting pemerintah daerah ini dalam meningkatkan produksi perikanan serta menciptakan industri dulu dan hilir sebagai stabilitator harga ikan di pasar. ‎”Kalau seperti ini, dipastikan nelayan daerah ini bisa hidup sejahtera,”katanya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button