NEWS

Verifikasi Faktual, Konflik Internal Hanura Babel Masih Memanas

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Belum reda persoalan internal yang dihadapi Partai Hanura di tingkat pusat, konflik di daerah justeru mulai memanas.

Di Babel, dualisme kepengurusan terjadi di tengah persiapan verifikasi faktual partai politik yang akan bertarung pada pemilu tahun depan.

Sekretaris Hanura Babel versi Alexander Franciscus, M Yamin, menyatakan bahwa tahap awal verifikasi faktual oleh KPUD dilakukan dengan menyampaikan persyaratan SK kepengurusan DPC yang ditandatangani Ketum Oesman Sapta Odang (OSO) dan Suding. Sedangkan berkas SK kepengurusan PAC ditandatangani oleh Ketua DPD Hanura Babel, Alexander Fransiscus dan Sekretarie M Yamin Yusuf.

Yamin berpendapat, apabila verifikasi KPUD tetap mengacu pada SK Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-01.AH.11.01 TAHUN 2018 yang disahkan pada 24 Januari 2018 dengan Ketum OSO dan Sekjen Herry Lontung, maka berkas SK yang disampaikan pada verifikasi awal dinilai tidak sah dan berpotensi cacat hukum.

“Maka SK-SK tadi tidak sah dan cacat demi hukum pada waktu verifikasi oleh KPUD tanggal 29 hingga 30 Januari 2018. Berarti untuk Provinsi Babel tidak lolos dalam verifikasi tersebut,” jelasnya melalui pesan WhatsApp tadi pagi, Senin (29/01/2018).

Menurutnya, hasil verifikasi terhadap Hanura Babel dapat dinyatakan sah apabila sistem informasi partai politik (sipol) sudah mengalami perubahan. Artinya, bisa mengakomodir verifikasi faktual dengan SK DPD yang ditandatangani OSO dan Herry Lontung, serta SK DPC dan PAC ditandatangani oleh kepengurusan Hanura Babel dengan Ketua Haryadi Muhammad dan Sekretaris Hengki Irawan.

Di luar apapun yang terjadi, Yamin mengaku tetap akan menghormati semua hasil keputusan Munaslub Partai Hanura.

“Kita menunggu perintah dari DPP kubu Munaslub 2018,” kata Yamin.

Penulis : Yudi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close