NEWS

TNI AD dan Petani di Badau Ramai-ramai Panen Raya Padi Sawah

Lensabangkabelitung.com, Tanjung pandan – Aparat TNI dan petani beramai-ramai melakukan panen raya padi sawah, di Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, Belitung, Kamis (18/01/2018). Panen raya di sawah milik kelompok tani (poktan) Aik Simpur ini, mampu menghasilkan gabah kering panen sebanyak 4 ton per hektar.

Dari total areal sawah seluas 38 hektar, pada musim tanam Oktober-Maret, baru mampu ditanami padi seluas 15 hektar. Pasalnya, tingginya curah hujan menyebabkan lahan sawah tergenang air.

Dari luas tersebut, panen raya kali ini menghasilkan 60 ton gabah kering panen dan 25 ton beras.

Menurut Kepala Staf Kodim 0414 Belitung Mayor Inf Ruhin SAg, Kodim Belitung bertekad meningkatkan produksi beras dalam mendukung swasembada pangan di daerah tersebut. Salah satu bentuk dukungan ketahanan pangan dilakukan melalui peningkatan produktifitas panen padi sawah.

Untuk mewujudkan langkah tersebut, sebut Ruhin, aparat TNI AD akan terus mengawal dan mendampingi para petani untuk turun ke sawah yang telah dicetak atas kerjasama dinas pertanian dengan TNI AD.

“Kodim 0414/ Belitung akan tetap mengawal dan mendampingi para petani untuk turun kesawah yang telah dicetak,” kata Ruhin, seijin Dandim Letkol Eko Saptono K, di sela-sela kegiatan panen raya.

Baik Kades Cerucuk Syamsul Basroni maupun Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Edi Suripto, menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih atas kerjasama serta dukungan dari aparat TNI AD, terutama Babinsa Cerucuk, yang turut mendampingi petani selama di sawah.

Cerucuk merupakan desa dengan area persawahan terluas dibandingkan desa lainnya di Belitung.
Sementara PPL Desa Cerucuk Bapak Edi Suripto mengungkapkan “Bahwa Desa Cerucuk ini merupakan Desa yang memiliki area sawah yang luas dibandingkan dengan Desa desa lainnya di Kab Belitung,
“Saat ini, Cerucuk memiliki 100 hektar sawah yang tersebar di tiga lokasi persawahan, salah satunya di Poktan Aik Simpur ini,” jelasnya

Hadir pada panen raya ini diantaranya Kasdim Mayor Inf Ruhin, Danramil Mayor Inf Djoko Lelono, Pasi Ter Kapten Inf R Triyuwono, Kades Cerucuk Syamsul Basroni, PPL Balak Edi Suripto, Ketua Poktan Aik Simpur Saliman.

Penulis : Nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close