NEWS

Tipu Warga Bencah, Warga Cimahi Diamankan Polres Basel

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Satuan Reskrim Polres Basel (Basel) berhasil mengamankan Cristofel Meiky Kambey (32) warga Jalan Gunung Rahayu Cimahi Utara Kota Cimahi Kamis (25/1/2018) pukul 23.50 WIB, di Hotel Puri Oasis Jalan A Yani Dalam, Pangkalpinang.

Kambey ditangkap karena diduga melakukan penipuan terhadap Amir, warga Desa Bencah Basel. Informasi yang dihimpun, tindak penipuan terjadi pada Jum’at (15/1/2018) di rumah pelapor. Korban kala itu, membeli satu unit sepeda motor sebesar Rp16.780.000 beserta STNK.

Setelah empat bulan tiba tiba datang seseorang dari perusahaan kredit dan menagih kredit motor pelapor. Padahal pelapor sudah membeli cash kepada terlapor motor tersebut. Dari laporan penipuan itu Polres Basel langsung melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyidikan tersebut pihak kepolisian mendapatkan informasi keberadaan pelaku sering di Pangkalpinang, selain itu juga pelaku sering berada di luar daerah Jakarta dan Bandung.

Kamis (25/1/2018) pukul 23.50 WIB, polisi mendapatkan informasi bahwa tersangka berada di Hotel Puri Oasis Pangkalpinang. Berkoordinasi dengan pihak hotel, polisi langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Kasat Reskrim Polsek Basel AKP Rio menjelaskan dari hasil pengakuan tersangka Kambey sudah enam kali melakukan penggelapan dan penipuan dengan orang lain serta satu BPKB motor selama bekerja di showroom ASP Toboali.

“Motif pelaku menawarkan motor kepada pembeli secara cash, akan tetapi pelaku tersebut mengoverkreditkan motor korban ke perusahaan kredit tanpa sepengetahuan korban. Pelaku sudah dibawa ke Mapolres Basel guna pemeriksaan lebih lanjut. Tersangka kita jerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman penjara empat tahun,”kata Rio.

Penulis : Apung

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close