NEWS

Tarmizi Resmikan Sanimas IPAL Komunal Puding Besar

Lensabangkabelitung.com, Pudingbesar – Dalam rangka mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bangka bekerjasama dengan Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) serta pemerintah desa Puding Besar membangun sanitasi masyarakat (Sanimas) Bangunan IPAL Komunal dan Perpipaan di Jalan Baru RT 01 Dusun I KSM Gambir Desa Puding Besar Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka, Rabu (17-1-2018).

Peresmian dan serah terima kegiatan pembangunan Sanimas Reguler tahun 2017 dilakukan langsung oleh Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dengan ditandai penandatanganan prasasti dan berita acara penyerahan,serta pengguntingan pita tanda dioperasikannya bangunan IPAL Komunal di desa Puding Besar.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Kecamatan Puding Besar merupakan salah satu kecamatan yang mempunyai banyak loncatan pembangunan mulai dari adanya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Syafrie Rachman, sampai dengan pembangunan sanitasi IPAL Komunal berikut perpipaannya yang memudahkan masyarakat untuk mewujudkan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Beberapa tahun terakhir ini pembangunannya sangat cepat, dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dinamika pembangunan, termasuk kecamatan Riau Silip juga,” katanya.

Dengan keberadaan IPAL Komunal ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam pembuangan dan dimanfaatkan juga untuk hal yang lain.

“Semoga masyarakat dapat dimudahkan, dan bisa membantu masyarakat dalam bidang kebersihan dan kesehatan, kita semua ingin sehat, jadi diatur mulai dari sekarang, membangun rumah juga seperti itu, jangan seperti menyemai biji katis, asal, jadi harus diatur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja PSPLP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Miarka Risdawati mengungkapkan pembangunan ini merupakan pembangunan yang mencakup semuanya.

“Kita dimintakan buktinya oleh pusat, jadi kita buatkan videonya, dan kirim ke pusat semuanya, dan disetujui,” ungkapnya.

Selain itu juga, pembangunan IPAL KOMUNAL ini mencakup semuanya, dan ada tribun untuk menonton sepak bola.

“Kita mudahkan semuanya, dan tahun 2018 ada pembangunan sanimas juga, dan kita merupakan hibah dan tidak menjadi aset kita, kita serahkan semuanya ke Pemkab Bangka dan ke desa,” katanya.

Sementara itu Kelompok Masyarakat Suharlan melaporkan pihaknya menerima bantuan membangun Rp 400 juta bersifat swakelola untuk membangunan IPAL KOMUNAL dengan Kapasitas 63 sambungan rumah dengan 90 kepala keluarga.

“Ini kan dekat lapangan bola, jadi kita bangun ada tribun juga dan diharapkan dapat mendukung perekonomian masyarakat terutama di Dusun I Desa Puding Besar ini,” harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button