NEWS

Sesar Aktif Picu Gempa Tektonik di Parit Tiga

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,7 SR yang mengguncang wilayah Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Selasa malam (30/01/2018) pukul 19.16 Wib, dipicu adanya aktivitas sesar lokal. Hal ini ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono dalam rilis yang disampaikan melalui akun resmi Stasiun Meteorologi Pangkalpinang, Selasa malam, menyebutkan episenter gempa terletak pada koordinat 1,48 LS dan 105,58 BT, tepatnya di laut lepas pantai berjarak 12 km arah utara dari Klekajebu Kabupaten Bangka Barat dengan kedalaman 10 km.

Dampak gempa yang dilaporkan oleh masyarakat menunjukkan bahwa gempa ini memicu guncangan dengan skala intensitas II – III MMI.

Gempa yang dirasakan warga Bangka Barat ini berlangsung cepat. Meski begitu masyarakat yang merasakan sempat kaget dengan guncangan yang dirasakan.

Beberapa warga sempat berlarian berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan kerusakan rumah,” terang Daryono.

Setahun sebelumnya, tepatnya tanggal 27 Januari 2017 pada pukul 07.08 Wib, wilayah ini juga pernah terjadi gempa dengan kekuatan 4,1 SR.

Melihat aktivitas yang berulang ini, Daryono menduga terdapat struktur sesar aktif di lepas pantai utara Kabupaten Bangka Barat.

Gempa bumi ini cukup unik dan menarik untuk dikaji lebih lanjut karena wilayah Bangka dan sekitarnya terletak di zona dengan tingkat aktivitas seismisitas rendah.

BMKG mengimbau warga untuk tetap tenang, karena gempa berkekuatan relatif kecil ini tidak berpotensi merusak.

Penulis : Is

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button