NEWS

Selama Satu Jam, Gerhana Bulan Total 31 Januari Lebih Jelas Terlihat

Lensabangkabelitung.com, Belitung –  Di awal tahun 2018 ini, fenomena terjadinya gerhana bulan total sebentar lagi dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Di Bangka Belitung pun, kita dapat dengan jelas melihat momen gerhana ini selama sekitar satu jam.

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN,  Drs Gunawan Admiranto mengatakan masyarakat Indonesia dapat menyaksikan momen gerhana bulan total pada hari Rabu, 31 Januari 2018.

“Mulai pukul 18.48 Wib  bisa melihat gerhana parsial, dan pukul 19.51 sampai pukul 21.07 itu adalah puncaknya gerhana bulan total. Durasi untuk melihatnya 1 jam 16 menit,” jelas Gunawan, Selasa (24/01/2018).

Secara detil, waktu gerhana diawali pukul 18.48. Sekitar pukul 20.51 Wib terjadi gerhana bulan total sampai pukul 21.07. Gerhana akan berakhir pada pukul 22.11 Wib.

Gerhana bulan total terjadi saat bumi berada di antara bulan dan matahari. Ketika itu permukaan bulan disinari cahaya matahari. Dalam kondisi seperti itu, semua orang dapat mengamati permukaan bulan yang menghadap ke bumi.

Gunawan mengatakan, terkadang bumi menutupi bulan sehingga cahaya matahari tidak bisa sampai ke bulan sehingga menyebabkan terjadi gerhana. Dan cahaya bulan akan kelihatan cerah karena adanya pembauran atsmosfer bumi.

Menurutnya, gerhana bulan kali ini sangat istinewa karena kemunculan fullmoon dan supermoon secara bersamaan.

“Gerhana bulan fullmoon dan supermoon deneclips terjadi secara bersama-sama, memang jarang sekali terjadi, terakhir 152 tahun yang lalu,” sebutnya.

Penulis : Apung

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button