NEWS

Raih Penghargaan dari Kemenpan-RB, Akuntabilitas Kinerja Pemkab Bangka 2017 Terbaik di Bangka Belitung

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Tahun 2017 merupakan tahun yang menggembirakan bagi Pemerintah Kabupaten Bangka. Berbagai prestasi dan penghargaan telah diraih. Yang terbaru adalah penghargaan akuntabilitas kinerja pemerintah tahun 2017 dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). 

“Pemkab Bangka mendapatkan predikat baik, untuk pengelolaan akuntabilitas kinerja tahun 2017,” ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, H. Pan Budi Marwoto, Jumat (26-1-18) dalam rilisnya.

Penghargaan akuntabilitas pengelolaan kinerja ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah, di Batam, pada tanggal 25 Januari 2017.

Menurut Bupati Bangka H Tarmizi Saat, keberhasilan ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bangka sudah on the track dan dengan pengelolaan yang baik.

“Ini membuktikan bahwa misi RPJMD Bangka Bermartabat untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan melayani, sudah terwujud dan terselenggara dengan sangat baik,” ungkapnya.

Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bangka, keberhasilan ini dibuktikan dengan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah dari BPK, predikat kepatuhan tertinggi standar pelayanan publik oleh Ombudsman RI, serta penyelenggaran pemerintah daerah dengan sangat baik oleh Menteri Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Atas capaian tersebut, Tarmizi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan Pemkab Bangka yang telah mendukung dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kita mengucapkan banyak terima kasih, untuk semua penghargaan tata kelola pemerintahan yang sudah berhasil diraih,” katanya.

Senada, Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah, menyebutkan keberhasilan ini menunjukkan kemampuan Pemkab Bangka dalam membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah. Terlebih terhadap pertanggungjawaban anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah pada tahun 2017.

“Semoga kita terus menjadi terbaik dan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bangka,” harapnya optimis. 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, H Pan Budi Marwoto mengungkapkan, hasil evaluasi Kemenpan-RB terhadap tingkat akuntabilitas kinerja di Kabupaten Bangka, menunjukkan perkembangan kinerja yang sangat menggembirakan. Dari kriteria C pada tahun 2014 sebagai tahun pertama RPJMD Bangka Bermartabat, meningkat menjadi CC pada tahun 2015 – 2016. Peningkatan signifikan terjadi pada tahun 2017 lalu menjadi B, dengan nilai sebesar 66,77. 

Padahal nilai rata-rata kabupaten/kota di Babel hanya mencapai 60,90. Sedangkan nilai akuntabilitas kinerja Provinsi Babel sebear 63,65. Tahun depan, Pemkab Bangka menargetkan akuntabilitas kinerja mendapatkan nilai A.

“Nilai dan lonjakkan LAKIN Pemkab Bangka sebesar 8,25 point, merupakan yang terbaik di Bangka Belitung, dan bahkan jauh melewati capaian kinerja rata-rata kabupaten/kota di Indonesia yang hanya mencapai 54,53,” terang Pan Budi. 

Seluruh capaian ini, kata Pan Budi, merupakan bentuk komitmen Pemkab Bangka untuk terus memperbaiki manajemen kinerja dan budaya kerja. Sekaligus memenuhi harapan masyarakat akan terselenggaranya pemerintahan yang bersih dan melayani.
 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button