NEWS

Pemkab Bateng Dorong Warga Budidaya Kerang Merah

Lensabangkabelitung.com, Sungaiselan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) mendorong warga untuk melakukan budidaya kerang merah di kawasan Pantai Tanjungpura, Kecamatan Sungaiselan.

“Prospek kerang merah sangat menjanjikan dalam menopang perekonomian masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan Bateng Dedy Muchdiyat, Jum’at (12/01/2018).

Menurut Dedy, dari beberapa kelompok yang membudidayakan kerang merah, hanya satu kelompok yang sudah berhasil panen. Pembudidaya kerang merah dilakukan kelompok dibawah naungan DKP Bateng.

“Saat ini pembibitannya masih memakai cara alami yaitu bibit kerang diambil dari laut kemudian di budidaya di pinggir pantai. Menghindari terjangan ombak lokasi budidaya di pagar dengan jaring agar kerang tidak keluar,” katanya.

Hasil panen kerang merah, lanjut dia, tidak hanya dijual oleh kelompok pembudidaya, akan tetapi diolah menjadi makanan khas bernilai tambah.

“Dalam hal pemasarannya pembudidaya kerang tersebut jangan takut tidak laku karena nilai jual pasaran cukup tinggi,” Jelasnya.

Dia menambahkan, jika masyarakat daerah pesisir benar-benar tekun dalam melakukan budidaya maka akan berimbas pada perekonomian masyarakat.

“Selaku dinas kelautan dan perikanan kami telah melakukan tugas kami dalam berinovasi di bidang budidaya kerang merah,” katanya.

Penulis : Nasir

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button