NEWS

Pemkab Bangka Akan Data Pulau Kecil di Wilayah Bangka

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka merencanakan akan mendata pulau-pulau kecil yang ada di Kabupaten Bangka. Hal ini disampaikan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, diruang kerjanya, Sabtu (20/1/2018).

“Kita akan mendatanya, saya sudah perintahkan Plt sekda Bangka untuk mengurusnya,” ungkapnya. 

Dikatakannya dengan tim tergabung nantinya,akan meminta para camat dan kepala desa untuk langsung melakukan pendataan dan mengukur serta menghitung luas pulau-pulau kecil tersebut yang masuk dalam zona laut Kabupaten Bangka.

“Saya ingin jika telah diukur, pulau-pulau tersebut hisa dikeluarkan sertifikatnya oleh BPN menjadi aset daerah sehingga tidak bisa diakui orang,” ungkapnya. 

Sekarang ini dengan semakin dikenalnya Kabupaten Bangka banyak orang yang melirik Kabupaten Sepintu Sedulang ini.

“Sudah ada lima investor yang mengincar pulau-pulau di Kabupaten Bangka ini,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Sekda Bangka H. Ahmad Mukhsin mengatakan, pemkab Bangka telah menerima surat dari BPN supaya pulau yang terdaftar diberikan alas haknya sebagai legalitasnya oleh pemerintah daerah. 

Ini dilakukan untuk menjaga supaya pulau-pulau kecil di Kabupaten Bangka ini tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dan mengaku memiliki pulau.

“Kita tindaklanjuti dengan membuatkan surat kepada camat untuk menindaklanjuti pemberian legalitas atas pulau, jangan sampai hilang dimana hal pemerintah diambil alih oleh pihak lain,” ungkapnya. 

Menurut Plt Sekda Bangka ini, dari hasil pendataan ada 107 pulau yang terdata, akan tetapi untuk pemberian alas hak oleh Pemerintah Kabupaten Bangka dan sertifikat lahan oleh BPN ada 49 pulau yang terbentang di wilayah Kabupaten Bangka.

“Pemerintah akan mengajukan usulan permohonan kepada desa untuk menerbitkan membuat alas hak tersebut, dan kita harapkan dengan adanya intruksi bupati, kades maupun lurah segara mendata keberadaan pulau-pulau di wilayahnya,” harapnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close