NEWS

Kata Bupati Tarmizi, Bangka Butuh Ratusan Tenaga untuk Kerja di Desa

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati Bangka Tarmizi Saat mendorong pembangunan infrastruktur di desa dapat dilakukan melalui program padat karya yang melibatkan partisipasi masyarakat. Konsep pembangunan seperti ini membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga diyakini dapat mengurangi angka pengangguran, sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan warga desa.

“Perlu 200 orang yang unskill maupun skill untuk proyek padat karya ini. Kalau di Bangka saja ada 62 desa, sudah berapa itu, dapat mengurangi pengangguran,” ungkap Tarmizi, di Sungailiat, Sabtu (26/01/2018).

Menurutnya, konsep padat karya yang dicetuskan pemerintah merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan. Sehingga dalam membangun desa tidak perlu lagi ada pihak ketiga, karena semua dikelola dan dilaksanakan oleh masyarakat.

Sekarang ini, kata Tarmizi, banyak sumber daya manusia yang perlu digiatkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk bersama-sama membantu memajukan Kabupaten Bangka. Warga di desa harus siap berpartisipasi melalui program yang berbasis sumber daya desa, dengan pendayagunaan sumberdaya alam desa, tenaga dan keterampilan warga desa, serta kearifan lokal.

Melalui partisipasi warga, tambahnya, hasil pembangunan desa akan lebih terlihat dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

“Kalau bisa, orang dari desa itulah yang mengerjakannya, sehingga pembangunan di desa dapat dilakukan oleh masyarakat desa juga,” imbuhnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button