NEWS

Jum’at Bersih, Bupati Tanam Pucuk Merah dan Bougenville

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Program Jum’at Bersih yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bangka rutin dilaksanakan dan diikuti Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bangka dan instansi vertikal lainnya. 

Tidak terkecuali bagi Bupati Bangka H. Tarmizi Saat. Dia ikut berbaur bersama dengan para pegawai untuk membersihkan jalan dan taman media di sepanjang Jalan Sudirman Parit Padang Sungailiat, Jumat (19/1/18). 

Pada kesempatan ini Bupati menanam bibit pucuk merah dan bungenville di beberapa titik taman median yang tampak kosong dan potnya tidak ada bunga lagi.

“Cepat bawa bibitnya kesini, kita tanam sama-sama,” serunya kepada sopir dan ajudannya.

Selaku Bupati Bangka Tarmizi  mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menggalakkan Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas.
“Kita bergerak, beraktivitas dan lainnya supaya dapat hidup sehat dan bersih dengan melakukan aksi bersih dan juga untuk memperindah taman media,” ungkapnya. 

Selain itu juga bupati mengharapkan saluran air di sisi kiri dan kanan jalan dapat dibersihkan dan air bisa mengalir tidak terhalang sampah atau tanah akibat terbawa air.

“Ini ada beberapa bagian yang terendam tanah pasir, sehingga air mengalir ke jalan dan mengakibatkan jalanan kotor dan bisa menganggu keindahan jalan, segera bersihkan dan diatasi segera,” ujarnya. 

Bupati berharap, dengan program jumat bersih ini, setidaknya dapat mendukung dan membiasakan masyarakat dapat hidup bersih dan sehat.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga lingkungan kita, warga diharapkan juga ikut andil menjaga kebersihan baik di lingkungan rumah maupun tempat umum lainnya,” ingatnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meinalina, mengatakan kegiatan Jumat Bersih ini rutin dilaksanakan.

“Kita melihat situasi dan kondisi juga, terkadang kita ada acara sehingga kita off dulu dan waktu berikutnya kita laksanakan lagi,” ungkapnya. 

Kegiatan ini juga dalam upaya untuk mendukung kegiatan Adipura sehingga dapat dipertahankan dan ditingkatkan kebersihan lingkungan.

“Pantau satu untuk Adipura telah kita lakukan, jika lolos kita akan diverifikasikan untuk tahap dua lagi, semoga Kota Sungailiat bersama masyarakat dapat mendukung semuanya, yang penting kesadaran kita untuk terus menjaga lingkungan sehingga bersih dan terjaga, dan terus melakukan perilaku hidup bersih dan sehat,” ingatnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button