NEWS

Jelang Pilkada, Satpol PP Bangka Gelar Pelatihan Dalmas

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak dua pleton Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, mengikuti pelatihan pengendalian massa (dalmas), di halaman Kantor Bupati Bangka, Kamis (25/01/2018). 

Mereka akan bertugas membantu aparat kepolisian dalam mengantisipasi tingkat kerawanan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada). 

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Suherman, mengatakan,

Pada kegiatan ini, para anggota Pol PP diberikan pelatihan dalmas untuk mengatasi huru-hara maupun aksi unjuk rasa, dengan dibekali tameng dan rotan. 

“Kita siapkan dua pleton untuk membantu polisi apabila dalam pilkada nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi harapan kita (pilkada) tetap kondusif,” kata Suherman optimis. 

Dirinya berharap pelaksanaan pilkada berlangsung secara tertib, aman dan damai. Sehingga situasi serta kondisi keamanan dan ketertiban terkendali. Apabila terjadi sesuatu hal, pihaknya siap membantu.

Menurut Suherman, personil dalmas akan disiagakan sebanyak dua pleton dan ditambah dengan anggota Satpol PP. Dengan demikian pasukan dalmas untuk mengamankan aksi massa pada pilkada berjumlah empat pleton atau setara 120 orang personil.

Selain ditempatkan di pusat kota, petugas dalmas ini juga akan disiagakan di kecamatan-kecamatan. Terutama untuk mengantisipasi kemungkinan rusuh massa saat penghitungan suara. 

“Penghitungan suara pada malam hari agak rawan, takut pihak yang calonnya kalah, tidak terima hasil penghitung dan membuat masalah,”ungkapnya.
 
Selama pilkada, Satpol PP juga menyiapkan mobil pemadam kebakaran gerak cepat sebanyak tiga unit.

“Mobil kebakaran ada tiga, satu untuk suplay air dan mobil yang standby,” tutupnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button